Tol Cisumdawu Seksi 5 Kapan Beroperasi, Simak Informasi Lengkapnya di Sini

Tol Cisumdawu Seksi 5 Kapan Beroperasi, Simak Informasi Lengkapnya di Sini

Tol Cisumdawu Seksi 5 kapan beroperasi, menurut Menhub Budi Karya Sumadi yakni 15 April 2023.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu Seksi 5 kapan beroperasi menjadi pertanyaan masyarakat, sehubungan dengan rencana penggunaan untuk arus mudik lebaran tahun 2023.

Rencananya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akan beroperasi pada 15 April 2023, sesuai informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) yang disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Melihat kondisi konstruksi yang masih berlangsung di Seksi 5 saat ini, karenanya wajar bila publik bertanya kapan ruas di Tol Cisumdawu sepanjang 14,90 kilometer itu beroperasi.

Pada Seksi 5A sepanjang kurang lebih 6,5 kilometer terdapat beberapa ruas yang belum terhubung.

BACA JUGA:Diprediksi, Perbaikan Ruas Jalan Majalengka-Talaga-Cikijing Selesai Setelah Lebaran

Misalnya di STA 40+800 Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Kemudian di Desa Conggeang Kulon sampai ke dekat Jembatan Conggeang.

Sedangkan di Seksi 5B terdapat kondisi tanah longsor yang kini ditangani dengan pembangunan Jembatan Gunung Puyuh dengan panjang kurang lebih 204 meter.

Di samping itu, masih berlangsung pekerjaan untuk pembangunan badan jalan di Desa Babakan Asem yang terhubung ke Jembatan Kedondong. 

Berikutnya adalah pembangunan badan jalan yang menghubungkan Jembatan Kedondong di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang. 

BACA JUGA:UPDATE! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Kemungkinan 1 Jalur dari Bandung ke Majalengka

Perhatian dalam pembangunan Tol Cisumdawu saat ini mengarah ke Seksi 5A dan 5B Jalan Tol Cisumdawu dengan total panjang jalan menapai 14,90 kilometer, karena terdapat beberapa pekerjaan yang belum selesai.

Dalam paparannya, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan bahwa Seksi 4B dengan panjang 2,5 kilometer, sampai dengan sekarang sudah 98,4 persen konstruksinya.

Sehingga pada ruas Seksi 4 diperkirakan akan siap dipakai pada 15, April 2023 nanti, karena pekerjaan tinggal sedikit lagi. "Untuk agenda fungsional di tanggal 15 April insya Allah siap," sebut petugas dari PT CKJT memaparkan kepada Forkopimda Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyatakan, Forkopimda sengaja untuk meninjau, memonitor persiapan mudik yang melalui jalur ke Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: