TOL CISUMDAWU Beroperasi 15 April, Ridwan Kamil: Mudik ke Cirebon Mungkin 1 Jam

TOL CISUMDAWU Beroperasi 15 April, Ridwan Kamil: Mudik ke Cirebon Mungkin 1 Jam

Tol Cisumdawu diharapkan beroperasi pada 15 April untuk membantu kelancaran mudik dari Bandung ke Cirebon. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil menyambut baik rencana Jalan Tol Cisumdawu beroperasi pada 15 April 2023 atau sebelum arus mudik lebaran. 

Menurut Ridwan Kamil, beroperasinya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akan mempercepat perjalanan mudik dari Bandung ke Cirebon. Juga memperlancar arus lalu lintas.

Bahkan, kata Ridwan Kamil, perjalanan dari Bandung ke Cirebon hanya membutuhkan waktu 1 jam saja dari kondisi saat ini yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Karenanya, Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil itu berharap agar rencana Tol Cisumdawu beroperasi sesuai dengan jadwal dan tidak ada keterlambatan atau kendala lagi. 

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Ada 12 Jalan Tol Gratis untuk Mudik Nanti, di Mana Saja? Simak Daftarnya di Sini

"Kita syukuri mudah-mudahan sesuai dengan jadwal yang diharapkan," ujar Kang Emil di DPRD Provinsi Jabar, usai penyerahan LKPJ. 

Sejauh ini, laporan yang diterima dari Kementerian Perhubungan bahwa Jalan Tol Cisumdawu beroperasi pada 15 April 2023. Meski dengan kemungkinan keterlambatan 1 atau 2 hari, sesuai dengan dinamika di lapangan. 

"Laporan dan statement kementerian (perhubungan), begitu sehingga alhamdulillah kita harapkan sebelum lebaran sudah bisa memperlancar urusan mudik," katanya. 

Ridwan Kamil menuturkan, pengoperasian penuh Tol Cisumdawu dapat memangkas waktu tempuh pemudik dari Bandung menuju Cirebon dan sebaliknya.

BACA JUGA:Duh! Atlet Tagih Janji Pencairan Bonus, Uangnya untuk Bayar Utang Selama Latihan

"Sehingga Cisumdawu bisa 100 persen digunakan orang dari Bandung mau mudik misal ke Cirebon tidak harus 3 jam lagi, mungkin cukup 1 jam, memotong lewat Cisumdawu," tandasnya. 

Seperti diketahui, tol yang dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), baru digunakan dari Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi - Cimalaka sepanjang 32,55 kilometer.

Sedangkan di Seksi 4 dalam tahap finishing, Seksi 5 dalam tahap konstruksi dan Seksi 6 sudah selesai.

Berdasarkan proyeksi dari PT CKJT, penyelesaian konstruksi Tol Cisumdawu adalah di Bulan April. Kemudian diteruskan dengan uji laik fungsi dan beroperasi fungsional pada awal Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: