Jembatan Terpanjang TOL CISUMDAWU Sudah Tersambung, Tanda-tanda Selesai Kian Terlihat, Tinggal di 2 Tempat Ini

Jembatan Terpanjang TOL CISUMDAWU Sudah Tersambung, Tanda-tanda Selesai Kian Terlihat, Tinggal di 2 Tempat Ini

Penampakan jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu yang sudah tersambung ke badan jalan di Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tanda-tanda Tol Cisumdawu dapat diselesaikan dan dipakai untuk mudik lebaran 2023, semakin terlihat.

Salah satunya adalah pekerjaan di jembatan terpanjang di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang berada di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Saat ini, Jembatan Kedondong sepanjang 744 meter sudah tersambung ke badan jalan di Dusun Banas Banten, Desa Babakan Asem. Terutama untuk jalur yang mengarah ke Majalengka.

Sedangkan untuk jalur yang mengarah ke Bandung, terlihat masih sedikit lagi yang perlu dilakukan pembetonan dan tersambung ke abutment jembatan.

BACA JUGA:MANTAP! 12 Jalan Tol Beroperasi Fungsional Bisa Dipakai Mudik, Termasuk TOL CISUMDAWU, Total 217,2 Kilometer

Praktis, saat ini pekerjaan main road di sekitar Jembatan Kedondong dan Conggeang menyisakan di sekitar Desa Cacaban yang juga perbatasan antara Seksi 5A dan 5B.

Total panjang Seksi 5 Tol Cisumdawu mencapai 14,90 kilometer atau dari Kecamatan Legok, Conggeang sampai dengan Ujung Jaya.

Bagian ini, sangat menentukan Tol Bandung - Kertajati tersebut untuk dapat beroperasi atau tidak, karena konstruksi di Seksi 4 dan 6 sudah selesai.

Dari pantauan visual, nampak pembetonan jalan juga menyisakan sedikit lagi yang belum selesai yakni di STA 50+000 sampai dengan STA 51+000 atau sekitar 1 kilometer.

BACA JUGA:3 Gunung di Kabupaten Majalengka, Ternyata Bukan Hanya Ciremai

Area ini, belum dilakukan pembetonan karena ada pembangunan Jembatan Gunung Puyuh yang merupakan perubahan konstruksi dari jalan menjadi jembatan.

Perubahan konstruksi ini terpaksa dilakukan, karena terjadi longsor pada akhir Bulan Februari 2023. Sehingga diputuskan dibangun jembatan dengan panjang kurang lebih 200 meter di antara STA 50+800 sampai dengan STA 51+000.

Praktis, saat ini Tol Cisumdawu menyisakan 2 lokasi lagi yang terbilang masih sangat tertinggal dari sisi pekerjaan.

Yang pertama adalah di Seksi 5A Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Di ruas ini, sebelumnya sudah dilakukan penggalian sampai kedalaman tertentu untuk mengangkat material tanah yang labil dan berair.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: