JARANG DISOROT Seksi 5A TOL CISUMDAWU Ada yang Masih Urugan Tanah, Ini Penyebabnya

JARANG DISOROT Seksi 5A TOL CISUMDAWU Ada yang Masih Urugan Tanah, Ini Penyebabnya

Main road Tol Cisumdawu Seksi 5A Cipamekar yang jarang disorot. -Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Ruas Seksi 5A Tol Cisumdawu di Desa Cipemekar atau pada STA 40+800 relatif jarang disorot dalam update progres konstruksi.

Padahal pada ruas jalan di dekat Overpass Cipamekar iru, ada trase Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang masih berupa urugan tanah dan belum berbentuk badan jalan.

Aktivitas urugan di main road Jalan Tol Cisumdawu Desa Cipamekar bahkan dilakukan selama 24 jam, karena volume timbunan yang sangat besar yakni mencapai 80 ribu meter kubik.

Dari pantauan visual, terlihat timbunan masih dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana yakni PT Adhi Karya. Belum diketahui masih berapa banyak kebutuhan material sirtu untuk urugan di lokasi tersebut. 

Penimbunan di area ini memang berbeda, karena bukan menggunakan tanah urugan yang seperti biasanya. Tetapi menggunakan sirtu atau pasir batu.

Pasalnya saat penggalian, ada lapisan tanah clay atau lempung dengan kadar air sangat tinggi. Sehingga harus diangkat dan dilakukan penimbunan ulang.

Material clay ini, tentu saja sulit untuk stabil. Apalagi bila kandungan airnya sangat tinggi. Sebab, cenderung lembek dan labil.

Karenanya, Seksi 5A Cipamekar ini, sepertinya masih membutuhkan waktu cukup lama untuk proses penimbunan. Yang selanjutnya dilakukan pembentukan badan jalan, diikuti pembetonan. 

Berikut adalah hasil pantauan pada area STA 39+50 sampai STA 46+00 yang dikutip dari laporan PT Adhi Karya tanggal 16, Maret 2023.

Area timbunan di STA 40+200, volume timbunan di area ini mencapai 80 ribu meter kubik. Untuk mempercepat pekerjaan, pada area ini dilaksanakan pekerjaan 24 jam.

Dari monitoring volume harian, pengecoran rigid di Seksi 5A telah mencapai 4,5 kilometer dari rencana 6,5 kilometer.

Progres median barrier telah mencapai 6,99 kilometer, dari rencana 13,18 kilometer.

Area main road yang sudah dilakukan pengecoran LC telah mencapai 5,2 kilometer dari rencana 6,5 kilometer.

Bahu jalan pada sisi kanan 1,7 kilometer dan 1,7 kilometer dari rencana total 6,9 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: