YESSS! Jembatan Conggeang TOL CISUMDAWU Satu Jalur Sudah Tersambung, Simak Progres Terbaru

YESSS! Jembatan Conggeang TOL CISUMDAWU Satu Jalur Sudah Tersambung, Simak Progres Terbaru

Update progres Jembatan Conggeang di Seksi 5 Tol Cisumdawu. -Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Progres terbaru di Jembatan Conggeang Seksi 5A Tol Cisumdawu yang berada di Kampung Kawungluwuk, Desa Conggeang Kulon, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Minggu, 13, Maret 2023.

Jembatan Conggeang juga kerap disebut Jembatan Parigi yang merupakan salah satu akses penghubung penting di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan. 

Sampai dengan saat ini, Jembatan Conggeang masih dalam penyelesaian di tengah target Jalan Tol Cisumdawu dapat digunakan untuk arus mudik pada 15, April 2023.

Dari pantauan visual, terlihat ruas jalan tol tersebut masih menghadapi sejumlah pekerjaan berat. Termasuk di Jembatan Conggeang sepanjang 636 meter. 

BACA JUGA:BESOK SENIN! Update Tarif TOL CISUMDAWU, Cileunyi - Cimalaka, ke Majalengka Cek di Sini

Saat ini, jembatan tersebut sudah satu jalur yang tersambung antara abutment arah Sumedang dan Kertajati, Majalengka. Tetapi di area abutment juga masih berlangsung aktivitas urugan untuk menyambungkan ke badan jalan.

Sebab, ada perbedaan ketinggian yang cukup signifikan antara badan jalan dengan jembatan. Terutama di kedua abutment. 

Terlihat daat ini, masih ada sekitar 4 pier head di lajur yang belum tersambung dan baru akan dilakukan pemasangan balok girder. 

Namun, upaya percepatan nampak dilakukan di pembangunan jembatan ini. Sebab, pada area yang sudah terpasang girder langsung dilakukan pengecoran.

BACA JUGA:AMBYAR! Progres JALAN TOL CISUMDAWU Masih Seperti Ini, Target Mudik Terancam

Pada pembangunannya, jembatan ini menggunakan struktur yang ditopang dengan 14 pier head dengan masing-masing bentangannya 40,8 meter. 

Lebar pier head tersebut mencapai 34,1 meter dan pada bagian terdalam, memiliki ketinggian 27 meter dari permukaan tanah. 

Seperti diketahui, target penyelesaian Tol Cisumdawu juga ikut mundur karena adanya kejadian longsor di Seksi 5, meski Menteri Basuki tetap optimis pada arus mudik lebaran Tol Cisumdawu sudah bisa dipakai.

"Tapi ini akan selesai. Bisa dipakai mudik Lebaran," kata Menteri Basuki dalam pernyatannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: