BIKIN NGELUH! Tarif TOL CISUMDAWU Dibilang Kemahalan, Cileunyi - Cimalaka Rp 41.500

BIKIN NGELUH! Tarif TOL CISUMDAWU Dibilang Kemahalan, Cileunyi - Cimalaka Rp 41.500

Tarif Tol Cisumdawu dinilai kemahalan karena dari Cileunyi ke Cimalaka Rp 41.500 untuk kendaraan golongan 1.-PT CKJT-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tarif Tol Cisumdawu baru saja diberlakukan pukul 00.00 WIB, Selasa, 28, Februari 2023 dan langsung dicap kemahalan.

Salah satu yang jadi sorotan adalah Ruas Seksi I - 3 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, yang dikenakan tarif Rp 41.500 untuk kendaraan golongan I atau mobil pribadi sedan hingga minibus. 

Kemudian untuk rute Cileunyi sampai ke Jatinangor dikenakan tarif Rp 7.500 juga untuk kendaraan golongan I. Karenanya, tarif Tol Cisumdawu pun disebut kemahalan. 

Reaksi atas penerapan tarif pun dikemukakan warganet di media sosial resmi PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Bahkan ada yang menyinggung soal kembali ke Jalan Cadas Pangeran.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Batu Aneh di TOL CISUMDAWU di Banas Banten, Sampai Sekarang Belum Dibongkar

"Mahal banget, back to lewat Cadas Pangeran, Nangor lagi. Bye jalan tol," tulis salah seorang warganet mengungkapkan pendapatnya yang dikutip radarmajalengka.com, Selasa, 28, Februari 2023.

Warganet menyebut tarif dari Cileunyi sampai ke Cimalaka terlalu mahal, karena sampai Rp41.500. Sehingga tidak mungkin untuk menggunakan akses tersebut secara rutin. 

"Berasa keluar planet, eh kota yang jauh. Daya beli belum masuk kalau segini. Nggak cocok untuk daily using, jangan cuma branding view bagus," tandas wargenet lainnya. 

Berkaitan tarif itu, dalam keterangannya, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan, setelah 10 minggu beroprasi tanpa tarif, Tol Cisumdawu Ruas Cileunyi - Pamulihan - Sumedang Cimalaka resmi diberlakukan penyesuaian tarif tol.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Terkini Gerbang Tol Paseh, Akses ke Seksi 4 Tol Cisumdawu dari Majalengka

Penetapan tarif ini melewati proses panjang dengan diskusi dengan beberapa stakeholders dan pengamat ekonomi.

Selain itu, penetapan tarif ini dilakukan sebagai pengembalian investasi, pemeliharaan dan tentunya pengembangan.

Berikut rincian tarif Tol Cisumdawu yang dibilang kemahalan:

Kendaraan Golongan I

  • Cileunyi - Jatinangor Rp 7.500
  • Cileunyi - Pamulihan Rp 14.500
  • Cileunyi - Sumedang Rp 36.500
  • Cileunyi - Cimalaka Rp 41.500
  • Pamulihan - Sumedang Rp 22.500
  • Pamulihan - Cimalaka Rp 27.000
  • Sumedang - Cimalaka Rp 5.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: