TINGGI BANGET, Potret Tebing TOL CISUMDAWU di Desa Cipelang Arah Majalengka, Seperti Tanggul Raksasa

TINGGI BANGET, Potret Tebing TOL CISUMDAWU di Desa Cipelang Arah Majalengka, Seperti Tanggul Raksasa

Tebing Jalan Tol Cisumdawu di Desa Cipelang, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tebing Jalan Tol Cisumdawu di Desa Cipelang, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang terlihat menjulang tinggi. 

Tebing tersebut merupakan hasil urugan tanah, untuk membuat kontur Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tidak naik dan turun secara ekstrem. 

Sebab, lazimnya jalan tol memang dibuat landai untuk turunan maupun mendaki. Karenanya, di beberapa area urugan tanah dibuat sangat tinggi untuk membuat permukaan menjadi lebih bersahabat untuk pengendara nantinya. 

Salah satu tebing yang memiliki ketinggian cukup ekstrem berada di Desa Cipelang. Sementara akses jalan warga yang menghubungkan Desa Cipelang ke Desa Ungkal, dibuat underpass atau terowongan. 

BACA JUGA:TARGET GAGAL! Tol Cisumdawu Belum Tersambung ke Majalengka, Oh di Sini Masalahnya

Proses urugan tersebut memang sudah selesai, di atasnya kini sedang berlangsung pembangunan akses jalan yang menyambungkan Seksi 5 dengan 6 atau menuju titik akhir Tol Cisumdawu

Namun, pembangunan di area ini, tentu tidak mudah. Sebab, terjadi longsor di dekat Underpass Desa Ungkal yang sampai dengan saat ini, masih dilakukan penanganan.

Dari pantauan lapangan radarmajalengka.com, penanganan longsor sepertinya akan dilakukan dengan pemasangan bore pile. Sebab, lapisan tanah di area tersebut terlalu labil. 

Bagian Tol Cisumdawu yang dibuat seperti tebing ini, memanjang dari Desa Sakurjaya sampai dengan Babakan Asem. Bahkan, membelah permukiman warga di daerah tersebut. 

BACA JUGA:REVIEW JUJUR, Tol Cisumdawu Diragukan Dapat Dipakai untuk Mudik, Nih Lihat Kondisi di Lapangan

Ketinggian tebing di Desa Babakan Asem saja mencapai lebih dari 5 meter. Sehingga atap rumah warga terlihat berada di bawah jalan tol.

Progres Konstruksi Tol Cisumdawu

Saat ini, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu menyisakan konstruksi di Seksi 4 dan 5 yang berada di Kecamatan Cimalaka, Legok, Conggeang dan sebagian Ujung Jaya. 

Setelah gagal memenuhi target untuk dapat diselesaikan pada akhir Februari 2023 yakni tersambung dari Seksi 1 sampai dengan 6, kini pembangunan jalan tol tersebut berjuang untuk diselesaikan pada Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: