NGEBUT! Seksi 4 Tol Cisumdawu Kian Dekat Beroperasi Fungsional, Bandung ke Majalengka dan Cirebon Makin Cepat

NGEBUT! Seksi 4 Tol Cisumdawu Kian Dekat Beroperasi Fungsional, Bandung ke Majalengka dan Cirebon Makin Cepat

Seksi 4 Tol Cisumdawu akan beroperasi fungsional akhir Februari 2023.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Dari seluruh ruas Tol Cisumdawu saat ini Seksi 4 yang mendekati selesai dan bisa beroperasi fungsional dalam waktu dekat.

Seksi 4 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan membentang sejauh 8,20 kilometer dari Kecamatan Cimalaka sampai dengan Legok.

Bila Seksi 4 Tol Cisumdawu dapat dioperasikan secara fungsional pada akhir Februari 2023, tentunya perjalanan Bandung ke Majalengka dan Cirebon akan jauh lebih cepat.

Sebab, pengendara akan semakin berkurang menggunakan Jalan Raya Cirebon Bandung via Sumedang.

BACA JUGA:KABAR BAIK: JALAN TOL CISUMDAWU Seksi 4 sampai 6 Bakal Gratis untuk Mudik, Masuk Bandung, Keluar Majalengka

Saat ini, perjalanan dari Cirebon ke Bandung masih harus menggunakan jalur arteri setelah keluar di Gerbang Tol Kertajati dan berlanjut ke Kadipaten.

Kemudian mengarah ke Cimalaka dan baru masuk ke Tol Cisumdawu Seksi 3 dari tikungan dekat Alun-alun Cimalaka, Sumedang.

Dari titik ini, perjalanan ke Bandung hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja. Dengan jarak tempuh kurang lebih 33 kilometer via Seksi 1, 2 dan 3.

Sedangkan perjalanan dari Cirebon ke GT Kertajati Utama membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit. Sedangkan waktu tempuh di Jalan Raya Cirebon Bandung menyesuaikan kondisi lalu lintas di Nyalindung dan sekitarnya.

BACA JUGA:5 HARI LAGI Target TOL CISUMDAWU Beroperasi, Seksi 6 Majalengka Sudah Siap Dibuka, Gratis!

Bila Seksi 4 dibuka secara fungsional pada akhir bulan ini, kendaraan tidak lagi masuk via GT Cimalaka. Tetapi via Legok, Kabupaten Sumedang.

Karenanya, perjalanan dari Cirebon, Majalengka menuju Bandung akan lebih cepat lagi dari sekarang ini berkisar antara 2 sampai dengan 3 jam.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menargetkan agar Tol Cisumdawu Seksi 1 sampai dengan 6 beroperasi fungsional pada akhir Februari.

Tetapi melihat kondisi di lapangan dan pekerjaan saat ini, diperkirakan baru Seksi 4 dan 6 yang bisa beroperasi secara fungsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: