6 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Seksi 4 dan 6 Dibuka Duluan, Seksi 5 Menyusul?

6 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Seksi 4 dan 6 Dibuka Duluan, Seksi 5 Menyusul?

Tol Cisumdawu Seksi 4 yang sudah siap beroperasi dan telah selesai dikerjakan.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Target Tol Cisumdawu beroperasi menyisakan waktu 6 hari lagi atau sampai 28, Februari 2023 nanti.

Kendati demikian, target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan untuk beroperasi secara fungsional itu, kemungkinan hanya sampai Seksi 4 dan 6.

Mengingat di kedua ruas ini, yang bisa dikatakan paling siap untuk dioperasikan. Sebab, di Seksi 5 masih ada pekerjaan konstruksi yang cukup berat.

Bahkan, di perbatasan Seksi 5B dengan Seksi 6A yakni Desa Banas Banten, Kecamatan Conggeang, terjadi longsor pada urugan untuk trase main road pada Selasa, 21, Februari 2023.

BACA JUGA:SUDAH MANTAP! Update TOL CISUMDAWU Siap Beroperasi, Seksi 6 dari Majalengka

Karenanya, target Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, kemungkinan besar tidak bisa terpenuhi. Khususnya di ruas Seksi 5 sepanjang 14,9 kilometer.

Sedangkan di Seksi 4 dan 6, target untuk beroperasi secara fungsional pada akhir Februari terlihat sangat rasional.

Sebab, progres pekerjaan di Seksi 4A sudah mencapai 91 persen dan Seksi 4B sudah 94,8 persen. Tetapi, progres konstruksi itu merupakan laporan Kementerian PUPR yang dipublikasikan 10, Februari 2023.

Besar kemungkinan, progres konstruksi di Seksi 4 sudah jauh lebih tinggi dari yang dipublikasikan hampir 2 pekan yang lalu.

BACA JUGA:PROGRES TERKINI di Tol Cisumdawu, Ada Longsor di Perbatasan Seksi 5 dan 6 Sudah Dekat Majalengka

Apalagi, di lapangan juga dilaksanakan percepatan pekerjaan meski kerap terhalang oleh cuaca buruk dan intensitas hujan tinggi.

Untuk Seksi 6 juga sudah siap dioperasikan, karena sejak Desember 2022 sudah tuntas 100 persen dan tidak ada lagi pekerjaan konstruksi di ruas tersebut.

Kondisi berbeda di Seksi 5, yang masih harus mengejar target lantaran progres pekerjaan masih berhadapan dengan kendala alam dan penyelesaian main road.

Sejumlah akses jalan masih terputus, misalnya setelah Jembatan Kedondong menuju perbatasan Seksi 6A, di lokasi ini masih dilakukan pembentukan struktur jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: