UPDATE 8 Hari Lagi Target TOL CISUMDAWU Beroperasi, Rincian di Seksi 1 sampai dengan 6 yang Sudah Siap Belum

UPDATE 8 Hari Lagi Target TOL CISUMDAWU Beroperasi, Rincian di Seksi 1 sampai dengan 6 yang Sudah Siap Belum

Update terkini Tol Cisumdawu yang saat ini memiliki target beroperasi pada akhir Februari 2023.-Apri Subroto/Youtube-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Update terbaru 8 hari lagi jelang target Tol Cisumdawu beroperasi atau akhir Februari 2023.

Seperti diketahui Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional pada akhir Februari nanti.

Hal tersebut sesuai dengan permintaan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Meski proyeksi perusahaan, sebenarnya baru menargetkan agar Jalan Tol Cisumdawu dapat selesai pada Maret 2023 atau menjelang mudik lebaran.

BACA JUGA:SUDAH MANTAP! Tol Cisumdawu Seksi 6 Siap Dilewati Kendaraan, Masuk dari Kertajati Majalengka

Adapun ruas yang ditargetkan beroperasi secara fungsional adalah mulai dari Seksi 4 sampai dengan 5 atau Cimalaka - Legok - Conggeang sampai dengan Ujung Jaya.

Bila target ini dapat terpenuhi, tentu proyek Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan bisa dikatakan selesai dan tinggal menyisakan pekerjaan infrastruktur penunjang seperti rest area.

Berdasarkan pantauan visual, saat ini masih berlangsung pekerjaan konstruksi di sejumlah area. Terutama di Seksi 4 dan Seksi 5.

Di Seksi 5A kondisi main road arah Kertajati setelah Underpass Conggeang - Buahdua sampai ke Underpass Bridge Paseh - Conggeang, sedang dalam pembentukan dan pembetonan.

BACA JUGA:UPDATE: 8 Hari Lagi Target TOL CISUMDAWU Beroperasi, di Tempat Ini yang Belum Selesai

Kondisi main road setelah Underpass Bridge Paseh - Conggeang sudah dilakukan pembetonan.

Selepas Jembatan Conggeang arah ke Sumedang, sedang dilakukan proses rigid atau pembetonan lapis pertama. Terutama di area overpass Cacaban.

Lalu, bagaimana progres terkini Tol Cisumdawu yang sudah dan belum beroperasi? Simak berikut ini:

  • Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 km) telah beroperasi sejak Januari 2022 dan dikenakan tarif.
  • Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km) yang telah beroperasi sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru 2022/2023. Sampai saat ini belum dikenakan tarif.
  • Seksi 3 Sumedang-Cimalaka telah beroperasi dengan kontraktor pelaksana PT Girder Indonesia, dan belum dikenakan tarif.
  • Seksi 4A dan 4B Cimalaka-Legok (8,2 km), ditargetkan beroperasi akhir Februari 2023.
  • Seksi 5A dan 5B Legok-Ujung Jaya (14,9 km), konstruksi dilaksanakan oleh PT Adhi Karya dan PT Girder Indonesia, ditargetkan beroperasi Maret 2023.
  • Seksi 6 Tol Cisumdawu Ujung Jaya (6,065 kilometer) saat ini sudah selesai, beroperasi setelah Seksi 4 dan 5 tersambung.

BACA JUGA:TERKINI! Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan di Perbatasan Seksi 6, Sedikit Lagi sampai Majalengka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: