MUDIK Bandung Cirebon Dulu 3 Jam, Sekarang Cukup 1 Jam Saja, Tunggu TOL CISUMDAWU Jadi

MUDIK Bandung Cirebon Dulu 3 Jam, Sekarang Cukup 1 Jam Saja, Tunggu TOL CISUMDAWU Jadi

Arus mudik Idul Fitri 2023 Bandung ke Cirebon akan menjadi lebih cepat dengan adanya Tol Cisumdawu.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Perjalanan mudik dari Bandung ke Cirebon dulu membutuhkan waktu 3 sampai dengan 4 jam perjalanan.

Sebab, perjalanan antar dua kota di pusat Jawa Barat dengan di bagian timur ini, harus memutar via Tol Cipularang atau Purwakarta dan Subang, juga ke Cikampek.

Lalu perjalanan diteruskan via Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) dan setelah itu baru sampai Cirebon. Sehingga waktu tempuhnya antara 3 sampai dengan 4 jam, bergantung kondisi lalu lintas.

Atau melintasi jalur lama yakni Cadas Pangeran via Jalan Raya Cirebon Bandung yang membutuhkan waktu 4 sampai dengan 6 jam.

BACA JUGA:MASIH BINGUNG KE MANA? Ini 5 Rekomendasi Wisata dari Tol Cisumdawu, Lewat Gerbang Tol Ini

Tetapi, mudik tahun ini tidak akan terjadi demikian. Sebab, sudah ada Jalan Tol Cisumdawu yang dioperasikan fungsional pada akhir Februari atau awal Maret.

Dengan akses tol sepanjang 62,60 kilometer itu, perjalanan Bandung ke Majalengka atau Cirebon hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja.

Pengendara dari arah Bandung mengakses dari Gerbang Tol Cileunyi dan berlanjut via Tol Cisumdawu, kemudian ke Tol Cipali.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, kecepatan akses ini akan sangat menguntungkan masyarakat Cirebon.

BACA JUGA:Berapa Persen Saham Jusuf Hamka di Jalan Tol Cisumdawu? Putrinya Fitria Yusuf Jadi Komisaris

Menurut Kang Emil, pada awal bulan depan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah beroperasi secara fungsional dan terhubung antara Bandung ke Majalengka dan Cirebon.

"Dulu perjalanan Badung ke Cirebon itu 3 jam lewat Tol Cipali dan 6 jam lewat jalur lama Cadas Pangeran. Nanti cukup 1 jam saja lewat Tol Cisumdawu," kata Kang Emil, saat berkunjung ke Cirebon, belum lama ini.

Sebelumnya Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian. Menurutnya, Tol Cisumdawu diharapkan dapat beroperasi penuh dari seksi 1 sampai dengan 6.

"Cisumdawu kami harapkan lebaran tahun ini seluruh ruasnya dapat beroperasi penuh," kata Hedy Rahian, saat ditemui di Polresta Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: