HORE Tol Cisumdawu Sebentar Lagi Selesai, Rute Baru Mudik Lebaran dari Bandung ke Majalengka dan Cirebon

HORE Tol Cisumdawu Sebentar Lagi Selesai, Rute Baru Mudik Lebaran dari Bandung ke Majalengka dan Cirebon

Tol Cisumdawu sebentar lagi selesai dan ditargetkan dapat dipakai mudik Lebaran 2023.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Sebentar lagi Jalan Tol Cisumdawu bakal selesai pembangunannya, dan beroperasi secara fungsional.

Sehingga pada mudik dan arus balik Lebaran 2023 nanti, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah bisa dipakai dan kemungkinan masih gratis.

Meski selesai, tetapi di fase awal Tol Cisumdawu ini, kemungkinan besar belum tersedia rest area ataupun fasilitas penunjang lainnya.

Sebab, pekerjaan yang berlangsung saat ini, berfokus pada penyelesaian konstruksi main road dan infrastruktur pendukung seperti jembatan, jalaur darurat hingga penahan tebing.

BACA JUGA:Kapan Tol Cisumdawu Dibuka Seluruhnya? Begini Jawaban Menteri PUPR dan PT CKJT, Simak!

Dari pantauan visual di Seksi 4, pekerjaan Jalan Tol Cisumdawu sudah mendekati selelsai. Hanya sedikit lagi main road yang belum tersambung yakni di ruas dekat Jembatan Cikondang, Kecamatan Cimalaka.

Kemudian ada penataan tebing dan bahu jalan yang masih dilakukan oleh kontraktor yakni PT Wijaya Karya dan PT Brantas Abipraya.

Berdasarkan laporan dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), pekerjaan di Seksi 4A dan 4B sudah ada di atas 90 persen.

Rinciannya adalah 91 persen di Seksi 4A dan 94,8 persen di Seksi 4 B yakni Cimalaka ke Legok, dengan panjang jalan 8,20 kilometer.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH BIJB Kertajati Dinyatakan Siap untuk Penerbangan Jemaah Haji

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bahkan mengapresiasi pekerjaan di Seksi 4 Cimalaka tersebut. "Seksi 4 sudah baik, akhir Februari beroperasi fungsional," kata Menteri Basuki, ketika melaksanakan kunjungan lapangan.

Berbeda dengan di Seksi 4, pekerjaan konstruksi yang cukup berat masih berlangsung di Seksi 5 yakni Conggeang ke arah Ujung Jaya.

Di Seksi 5A ada pekerjaan berupa akses jalan yang belum tersambung tepatnya di area Desa Cipamekar, karena akses tanah labil.

Sehingga di area ini mesti dilakukan pengerukan dan penimbunan menggunakan material sirtu, sehingga didapatkan lapisan tanah yang lebih stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: