Inilah 3 Masalah Tol Cisumdawu yang Sampai Sekarang Masih Belum Selesai, Kejar Target Akhir Februari

Inilah 3 Masalah Tol Cisumdawu yang Sampai Sekarang Masih Belum Selesai, Kejar Target Akhir Februari

Daftar masalah Tol Cisumdawu yang belum selesai.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

Sebelumnya, saat mengunjungi Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4, Menteri Basuki menyatakan kembali keyakinannya bahwa akses penghubung Bandung dengan Majalengka tersebut bakal selesai dalam waktu dekat.

Tetapi, ada beberapa hal yang menjadi sorotan dari Menteri Basuki. Misalnya, manajemen waktu dan koordinasi antar kontraktor.

Keyakinan Menteri Basuki makin tebal saat melihat progres di Seksi 4 Kecamatan Cimalaka yang sudah jauh signifikan saat ini.

Karenanya, pekerjaan rumah terbesar adalah di Seksi 5 yang berada di Kecamatan Conggeang dan menghubungkan ke titik akhir di Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:17 HARI LAGI Tol Terindah di Indonesia Jadi, Bandung ke Majalengka Kian Dekat

Menurut Menteri Basuki, pada akhir Februari 2023, Tol Cisumdawu sudah bisa beroperasi secara fungsional. Sehingga nantinya dapat digunakan untuk transportasi mudik dan arus balik.

Tidak hanya itu, keberadaan Tol Cisumdawu juga dapat menunjang lalu lintas dari Bandung ke Bandara Kertajati. Akses ini, memang sangat dibutuhkan untuk konektivitas wilayah.

Sebagai informasi, Seksi 4 Tol Cisumdawu memiliki panjang jalan 8,20 kilometer dan seksi 5 sepanjang 14,90 kilometer. Namun di seksi 4 pekerjaan sebagian besar sudah selesai. Berbeda dengan di seksi 5.

Ada beberapa catatan yang disampaikan Menteri PUPR. Terutama soal manajemen waktu agar tol tersebut selesai sesuai target yakni akhir Februari.

BACA JUGA:17 HARI LAGI Tol Cisumdawu Selesai, BIJB Kertajati Jadi Buka Penerbangan? Begini Kata Pihak Bandara

“Tolong manajemen waktunya ini diatur supaya lebih cepat selesai," kata Menteri Basuki saat berkunjung ke Tol Cisumdawu pada Jumat, 10, Februari 2023 dan keterangannya dilansir dari Kantor Berita Antara. 

Khusus untuk seksi 4, Basuki meminta agar taman yang dibangun memperhatikan estetika. Kemudian mempertahankan beberapa hal terkait unsur geologis. Sehingga tetap terlihat terutama batuan dan lereng.

"Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” tandasnya.

Basuki kembali menyatakan bahwa dirinya yakin pada akhir Februari, Tol Cisumdawu sudah beroperasi secara fungsional. Sehingga bisa digunakan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Menteri Basuki Kasih Deadline Akhir Februari Tol Cisumdawu Nyambung ke Majalengka: Selambat-lambatnya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: