19 Penerbangan Haji dari Bandara Kertajati Majalengka, Jamaah Ciayumajakuning Tahun Ini Dapat Kesempatan Emas

19 Penerbangan Haji dari Bandara Kertajati Majalengka, Jamaah Ciayumajakuning Tahun Ini Dapat Kesempatan Emas

BIJB atau Bandara Kertajati akan melakukan 19 penerbangan haji untuk jamaah dari Ciayumajakuning pada musim haji 2023.-Airnav Kertajati-radarmajalengka.com

MAJELENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jamaah haji dari Ciayumajakuning dapat kesempatan emas untuk terbang perdana dari Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka pada tahun 2023 ini.

Sebab, Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) telah ditetapkan Kementerian Agama (Kemenag) RI sebagai salah satu embarkasi dan debarkasi haji dari 13 bandara yang ditunjuk.

Rencananya, 7.690 jamaah haji dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu akan terbang dari Bandara Kertajati.

Tidak hanya itu, jamaah dari daerah sekitarnya juga diterbangkan dari BIJB yakni Kabupaten Sumedang dan Subang.

BACA JUGA:YUK TERBANG, 12 Penerbangan Dibuka dari Bandara Kertajati, Cek di Sini

Setidaknya, butuh 19 kali penerbangan untuk jamaah haji sebanyak itu, dan jadwalnya akan mengikuti dari Kementerian Agama.

Apakah setiap 1 hari ada penerbangan atau dilakukan pembagian dengan cara lain. Terkait jadwal ini, memang belum ada informasi lebih lanjut.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Barat, Boy Hari Novian mengatakan, saat ini Bandara Kertajati telah dikoordinasikan untuk melakukan penerbangan jamaah haji.

Keputusan Menteri Agama RI Nomor 99 tahun 2023, tentang Embarkasi dan Debarkasi Haji, BIJB Kertajati atau KJT telah ditetapkan sebagai salah satunya.

BACA JUGA:PASTI PENASARAN! 5 Hal Aneh di Tol Cisumdawu, Jalan Terputus di Cipamekar Sampai Digali dan Ditimbun, Ternyata

Rencananya, sebanyak 7.690 jamaah haji yang berasal dari Ciayumajakuning akan diberangkatkan ke tanah suci lewat 19 kali penerbangan yang dilakukan mengacu pada jadwal dari Kementerian Agama RI.

"Itu bisa dilakukan penerbangan sebanyak 19 kali penerbangan saja. Itu bisa dilakukan setiap hari atau sesuai jadwal dari Kemenag," tuturnya, seperti dilansir dari siaran pers BIJB Kertajati, Kamis, 9, Februari 2023.

Sebagai informasi, daya tampung pesawat di Bandara Kertajati saat ini mencapai 22 pesawat. Kendati demikian, seluruh fasilitas penunjang dipastikan sudah siap.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambut gembira penetapan Bandara Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: