MEDAN BERAT, Sebagian Tol Cisumdawu Belum Tersambung ke Majalengka, Kejar Target Maret Selesai

MEDAN BERAT, Sebagian Tol Cisumdawu Belum Tersambung ke Majalengka, Kejar Target Maret Selesai

Tol Cisumdawu memiliki target untuk selesai pada Maret 2023.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu hingga kini masih dalam pengerjaan, khususnya di Seksi 4 dan 5 yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Di tengah target harus selesai pada Maret 2023 agar dapat digunakan untuk mudik dan arus balik Idul Fitri nanti, pekerjaan juga berhadapan dengan medan yang berat. 

Misalnya di sekitar Desa Cipamekar, di mana terdapat area yang masih belum dibeton. Bahkan trase main road masih dilakukan penggalian, karena struktur tanah yang labil.

Di area tersebut atau di dekat Station 39+900 Seksi 5A Conggeang, dilakukan pengerukan tanah untuk kemudian dilakukan penimbunan dengan bahan keras seperti pasir dan batu.

BACA JUGA:DIKEBUT SIANG MALAM, Tol Cisumdawu Ditarget Selesai Maret 2023, Siap Dipakai Mudik Lebaran

Sehingga di atasnya nantinya dapat dibangun struktur main road dan pembetonan yang terhubung ke Seksi 5B Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang juga masih berada di wilayah Conggeang.

Medan berat dan tantangan alam memang menjadi kendala dari pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, karenanya target penyelesaian pun terus tertunda mulai dari Agustus 2022 sampai dengan saat ini.

Bahkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memasang target kalau akses Tol Cileunyi Sumedang Dawuan baru akan tuntas di Kuartal I 2023.

Saat berkunjung ke Tol Cisumdawu Seksi 5B, Kepala BPJT, Danang Parikesit menyebutkan bahwa target penyelesaian jalan tol penghubung Bandung dan Kertajati tersebut adalah Kuartal I 2023.

BACA JUGA:Aslinya Pemulung, Nyambi Jadi Pencuri Sepeda Motor, Beraksi di Lemahsugih Majalengka, Waspada!

"Fokus pekerjaan saat ini adalah Jembatan Kedondong di Seksi 5 Tol Cisumdawu," kata Danang, seperti dilansir dari Publikasi Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). 

Sementara itu, dari pantauan visual Minggu, 5  Februari 2023, pekerjaan di dekat Overpass Bongkong sedang dilakukan percepatan dan kontraktor yakni PT Adhi Karya melakukan pengerjaan pada siang dan malam hari.

Salah satu akses jalan yang menantang tersebut berada di Ruas Bongkong yang mengarah ke Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Pembangunan di ruas ini, sebagian masih dalam pembentukan main road karena struktur tanah yang labil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: