8 Tol Unik di Indonesia, Motor Boleh Lewat, ke Majalengka Harus Lewat Terowongan

8 Tol Unik di Indonesia, Motor Boleh Lewat, ke Majalengka Harus Lewat Terowongan

Setiap tol di Indonesia memiliki ciri unik tersendiri.-Hutama Karya-radarmajalengka.com

Seperti sudah diulas di atas, ini adalah jalan tol tertua di Indonesia sekaligus yang pertama kali dibangun dengan panjang 59 kilometer.

BACA JUGA:Wisata Danau Unik Berwarna Biru! 5 Aktivitas Menarik di Talaga Biru Nila Majalengka

Tidak hanya tertua dan pertama, Jalan Tol Jagorawi juga menjadi mahakarya konstruksi yang hingga kini masih bertahan dan beroperasi dengan sangat baik kondisinya.

6. Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung

Ini adalah jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini, tetapi kalau Tol Getaci selesai dibangun, tentunya gelar ini bakal dicabut.

Saat ini, Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung memiliki panjang 189 kilometer dan menghubungkan Lampung dengan Sumatera Selatan.

7. Tol Cibitung - Cilincing

Kalau tadi yang terpanjang, ini adalah jalan tol terpendek di Indonesia yakni Tol Cibitung - Cilincing yang terhubung ke jaringan JORR atau Jakarta Outer Ring Road.

BACA JUGA:Dilarang Memancing, Ada Mitos di Balik Keindahan Telaga Biru Nila Majalengka

Seksi 1 ruas Simpang Susun Cibitung - Telaga Asih hanya memiliki pamnjang 3,03 kilometer. Karenanya, ini adalah tol paling pendek di Indonesia.

8. Tol Cisumdawu

Penghubung antara Bandung dengan Kabupaten Majalengka ini punya hal unik yakni, terowongan kembar atau yang disebut Cisumdawu Twin Tunnel.

Saat ini, Tol Cileunyi Sumedang Dawuan masih dalam proses pembangunan dan diperkirakan akan selesai pada Maret 2023 serta tersambung ke Kabupaten Majalengka.

Demikian ulasan mengenai jalan tol unik di Indonesia yang masing-masing ternyata memiliki ciri khas tersendiri tersendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: