Dilarang Memancing, Ada Mitos di Balik Keindahan Telaga Biru Nila Majalengka

Dilarang Memancing, Ada Mitos di Balik Keindahan Telaga Biru Nila Majalengka

Mitos di Telaga Biru Nila Kabupaten Majalengka, di balik keindahan alamnya.-Iwan Kermit-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Sebuah objek wisata di kaki Gunung Ciremai, lebih tepatnya di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten MAJALENGKA, Jawa Barat, terdapat sebuah kolam alami dan sejuk bernama Telaga Biru Nila MAJALENGKA.

Nama Telaga Biru Nila sebuah danau dengan air jernih. Danau yang agak dalam dan terjal ini memiliki keindahan tersendiri dan juga ribuan ikan yang dapat terlihat jelas dari atas danau.

Seorang kepala desa setempat mengatakan, sumber air Telaga Biru Nila dari sungai bawah tanah yang bersumber dari Gunung Ciremai. Namun dibalik keindahannya terdapat mitos yang menurut masyarakat setempat tidak boleh dilanggar oleh pengunjung.

Ini karena orang yang sombong tidak disukai roh penjaga danau dan bisa berakhir dengan bencana. Menurut cerita penduduk di tiga desa tersebut, dua orang tenggelam di danau tersebut, padahal keduanya adalah perenang yang handal.

BACA JUGA:Indramayu Minta Tol dari Kertajati, Majalengka Minta Tol Macita Tembus ke Tasikmalaya, Saingan Tol Getaci?

Menurut saksi mata, sebelum berenang, keduanya sombong bahwa mereka adalah juara renang. Selain itu, penjaga hutan setempat melarang keras pengunjung untuk memancing di danau.

Jika terjadi kelalaian, pengunjung terancam sanksi berupa teguran dan denda dari otoritas pariwisata.

Pengunjung tempat wisata ini kebanyakan adalah anak muda yang merupakan warga Majalengka sendiri. Namun pengunjung dari luar daerah Majalengka juga sering berkunjung ke tempat wisata ini, terutama saat liburan sekolah atau liburan panjang.

Tetap saja hanya mitos hanya saja tetap berhati-hati senantiasa jaga etika dan keamanan ketika berwisata. Lokasi Telaga Nila memudahkan wisatawan untuk menemukannya, meski tidak dekat dengan jalan utama.

BACA JUGA:KONDISI TERKINI Tol Cisumdawu, Sudah Tersambung Seksi 4 sampai ke Seksi 5A, Hampir Nyambung ke Majalengka

Alamat Telaga Nila Desa Lengkong Kulon Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

Jarak dari alun-alun/pusat kota Majalengka adalah 21 km dan perjalanan memakan waktu 45 menit. Hal itu didukung dengan jalan raya yang baik, yang dilalui berbagai kendaraan yang melintas.

Mulai dari kendaraan pribadi wisatawan bahkan angkutan umum. Jika menemui kesulitan dalam perjalanan menuju Telaga Nila, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat.

Tempat wisata di Majalengka ini bisa anda kunjungi sesuai dengan jam buka saat ini. Buka setiap hari Senin hingga Minggu, Telaga Nila melayani mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: