8 Tol Unik di Indonesia, Motor Boleh Lewat, ke Majalengka Harus Lewat Terowongan

8 Tol Unik di Indonesia, Motor Boleh Lewat, ke Majalengka Harus Lewat Terowongan

Setiap tol di Indonesia memiliki ciri unik tersendiri.-Hutama Karya-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Indonesia memiliki jaringan jalan tol yang terus bertambah secara masif belakangan ini, baik di Sumatera, Jawa hingga Bali.

Jaringan jalan tol tersebut, tidak sekadar dibangun untuk menjadi akses bagi masyarakat melakukan perjalanan. Tetapi masing-masing punya keunikan tersendiri.

Misalnya ada jalan tol yang menyediakan akses penyeberangan untuk satwa, karena ada di jalur migrasi hewan seperti gajah.

Kemudian ada jalan tol yang memperbolehkan sepeda motor untuk masuk dan memiliki jalur tersendiri, terpisah dari kendaraan roda 4 atau lebih.

BACA JUGA:Jalan Tol Tertua di Indonesia, Ternyata Ada di Lokasi Ini, Pernah Lewat?

Ada juga tol tertua di Indonesia sekaligus yang pertama kali dibangun pada tahun 1975 dan selesai pengerjaannya pada tahun 1978.

Dan yang terbaru, ada jalan tol yang memiliki terowongan kembar dan saat ini masih dalam proses penyelesaian untuk sebagaian ruas jalan.

Karena itu, bisa dibilang setiap jalan tol di Indonesia yang telah dan akan dibangun, masing-masing punya ciri unik tersendiri.

Berikut adalah 8 jalan tol uni di Indonesia:

1. Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara memiliki panjang sekitar 12,7 kilometer dan dibangun di atas laut. Sekaligus menjadi yang pertama di Indonesia.

BACA JUGA:DIKEBUT! Pembangunan Tol Cisumdawu Hampir Sampai Majalengka, Jalan Sudah Tersambung

Melintas di jalan tol ini, akan disuguhi dengan pemandangan laut yang indah dan pembangunannya juga didesain untuk tetap menjaga estetika.

Hal menarik lainnya adalah tersedia jalur khusus sepeda motor dan menjadi satu-satunya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: