TOL CISUMDAWU Beres, Penerbangan di Bandara Kertajati Hidup Lagi, Seluruh Pesawat Jet Pindah dari Husein

TOL CISUMDAWU Beres, Penerbangan di Bandara Kertajati Hidup Lagi, Seluruh Pesawat Jet Pindah dari Husein

Penerbangan dari Bandara Kertajati bakal hidup lagi setelah Tol Cisumdawu selesai.-Airnav Kertajati-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten MAJALENGKA, bakal hidup lagi setelah Tol Cisumdawu beres.

Bila tidak ada aral melintang, pada Maret 2023 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu, bakal selesai 100 persen dan dapat beroperasi.

Setelah itu, Bandara Kertajati yang menyusul beroperasi dan akan menerima pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, nantinya seluruh pesawat jet akan dialihkan penerbangannya dari Bandara Kertajati.

BACA JUGA:TERUNGKAP, Alasan Bupati Indramayu Ngotot Bangun Tol, Oh Ternyata, Simak Baik-baik Kalimatnya

Sehingga di Bandara Husein Sastranegara akan disisakan pesawat baling-baling saja, atau hanya untuk penerbangan jarak pendek.

Menurut Kang Emil, membagi penerbangan antara Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Kertajati di Majalengka perlu dilakukan.

"Nanti pesawat jet seluruhnya dari Kertajati. Untuk pesawat baling-baling boleh dari Husein (Sastranegara)," kata Kang Emil, di Gedung Pakuan Kota Bandung, Sabtu, 21, Januari 2023.

Tidak hanya penerbangan domestik yang akan dioptimalkan dari Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Tetapi juga pemberangkatan jamaah umrah.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Tol Kertajati Indramayu Bisa Dipercepat, Warga Majalengka Bisa Lebih Cepat ke Indramayu

Di Provinsi Jawa Barat terdapat potensi jamaah umrah sedikitnya 70 ribu orang per tahun. Tentu saja, bila seluruh jamaah diberangkatkan dari Bandara Kertajati, dapat menghidupkan bandar udara tersebut.

"Saya ingin memastikan semua jamaah umrah dan haji sebanyak 70 ribu per tahun terbang dari Bandara Kertajati," tandas Kang Emil, menyambut rencana Tol Cisumdawu selesai pada Maret 2023.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan konstruksi Tol Cisumdawu ditargetkan selesai pada akhir Februari nanti, meski pengelola menginginkan Maret.

Hal tersebut diungkapkan usai rapat kerja Komisi V DPR RI. Pihaknya menginginkan akses tol tersebut memberikan manfaat kepada masyarakat di Ciayumajakuning. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: