MANTAP! Tol Cisumdawu Beres, 70 Ribu Jamaah Haji - Umrah Tahun Ini Berangkat dari Bandara Kertajati Majalengka

MANTAP! Tol Cisumdawu Beres, 70 Ribu Jamaah Haji - Umrah Tahun Ini Berangkat dari Bandara Kertajati Majalengka

Umrah dan haji akan berangkat dari BIJB atau Bandara Kertajati Majalengka setelah Tol Cisumdawu terhubung.-Info BIJB-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Tol Cisumdawu yang tuntas pada akhir Februari atau Maret 2023, akan membuat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, kembali bergairah.

Bahkan, pasca Tol Cisumdawu terhubung dari Bandung ke Majalengka, sudah dipersiapkan penerbangan haji dan umrah dari Bandara Kertajati.

Untuk tahun 2023 ini, diproyeksikan sekitar 70 ribu jamaah haji dan umrah dari Jawa Barat akan terbang dari Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Saya ingin memastikan semua jamaah umrah dan haji sekitar 70 ribu per tahun, itu harus di Kertajati," kata Gubernur Jawa Barat, RIdwan Kamil, saat dijumpai radarmajalengka.com, di Gedung Pakuan, Sabtu, 21, Januari 2023.

BACA JUGA:Jalan Tol Cisumdawu Dibuka Maret, Pesawat Jet Tak Boleh Terbang dari Husein Sastranegara

Kendati demikian, setelah Tol Cisumdawu selesai, bukan berarti Bandara Kertajati tidak ada masalah lain untuk berkembang.

Justru masalahnya bukan lagi dari sisi bandara, tetapi ketersediaan pesawat. Karenanya, Kang Emil sudah melobi beberapa maskapai di Timur Tengah untuk menyiapkan pesawatnya di Bandara Kertajati.

"Problem Kertajati bagaimana memastikan pesawat memadai untuk captive umrah dan haji. Juga untuk di level antar provinsi dan wilayah," tuturnya.

Sebelumnya, di tengah target Tol Cisumdawu selesai pada Februari nanti, Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB Kertajati, menyiapkan 12 penerbangan.

BACA JUGA:Jalan Tol Cisumdawu Maret Beroperasi, Kang Emil: Pesawat Jet Hanya dari Kertajati, Baling-baling di Bandung

Tetapi, kesiapan 12 penerbangan dari Bandara Kertajati tersebut juga menanti kepastian Tol Cisumdawu selesai 100 persen.

"Rencana itu (membuka penerbangan) tergantung pengoperasian Tol Cisumdawu di bulan Februari," kata VP Corporate Secretary and General Administration BIJB Kertajati, Dian Nurrahman..

Menurut dian, 12 rute penerbangan tersebut mencakup domestik dan internasional serta destinasi favorit seperti Balikpapan dan Bali.

"Kami memastikan akan kembali membuka 12 rute penerbangan domestik dan internasional," kata Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: