TOL CISUMDAWU Tersambung Februari, Majalengka Ketiban Durian Runtuh

TOL CISUMDAWU Tersambung Februari, Majalengka Ketiban Durian Runtuh

Tol Cisumdawu sebentar lagi akan tersambung antara Bandung dan Majalengka. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu yang akan tersambung dari Bandung ke MAJALENGKA, bakal membuat wilayah sekitarnya ketiban durian runtuh.

Rencananya, Tol Cisumdawu tersambung dari Bandung ke Majalengka pada akhir Februari 2023 sesuai target yang disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Menurut Basuki, target Tol Cisumdawu tersambung pada akhir Februari 2023 lebih cepat dari yang diminta oleh pengelola yakni Bulan Maret.

Apalagi, progres konstruksi di Seksi 6A dan 6B sudah di atas 95 persen, tinggal menyisakan sedikit lagi pekerjaan. PR-nya hanya tinggal di Seksi 4 dan 5, di mana progres terakhir di atas 60 persen.

BACA JUGA:Setelah Tol Cisundawu Dibuka Total, Kertajati Pisah dari Kabupaten Majalengka, Pemekaran Kota Kertajati?

"Tol Cisumdawu akan menghadirkan perkembangan perekonomian bagi wilayah Kuningan, Cirebon, dan Majalengka," kata Menteri Basuki, di Rapat Kerja Komisi V DPR RI. 

Seperti diketahui, Kabupaten Majalengka adalah titik sentral dari pertemuan lalu lintas Bandung dan Jakarta. Tepatnya di Km 152 yang terdapat Junction Dawuan.

Keberadaan Junction Dawuan ini, menjadi penghubung lalu lintas di Tol Cikopo Palimanan baik dari arah Cirebon atau Jawa Tengah dengan arah dari Jakarta menuju Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Belum lagi keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang akan beroperasi penuh pasca Tol Cisumdawu tuntas 100 persen.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Biaya Tol Getaci 10 Kali Lipat Tol Cisumdawu, Gagal karena DANA Tidak Turun

Sebagai informasi, saat ini Ciayumajakuning berkontribusi sebesar 9,78 persen terhadap perekonomian Jawa Barat.

Sektor yang dominan menunjang pertumbuhan ekonomi adalah industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, pertanian, konstruksi, serta transportasi dan pergudangan.

Perkembangan laju PDRB Ciayumajakuning hingga 2021 masih tumbuh 2,26 persen. "Di tahun 2023, ekonomi Ciayumajakuning diperkirakan sedikit tertahan," kata Kepala KPw Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo saat ngopi bareng dengan media.

Lebih lanjut Hestu menjelaskan, Kpw BI Cirebon memprakirakan perekonomian Ciayumajakuning masih akan tumbuh cukup resilien di tahun 2023 dengan pertumbuhan di kisaran 3,1 persen - 3,9 persen (yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: