Setelah Tol Cisundawu Dibuka Total, Kertajati Pisah dari Kabupaten Majalengka, Pemekaran Kota Kertajati?

Setelah Tol Cisundawu Dibuka Total, Kertajati Pisah dari Kabupaten Majalengka, Pemekaran Kota Kertajati?

Visual video Kertajati Aero City dan kawasan Patimban, setelah Tol Cisumdawu jadi mencuat isu pemekaran Kota Kertajati atau pisah dari Kabupaten Majalengka. -BIJB-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Kertajati akan pisah dari Kabupaten MAJALENGKA? Menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) bernama Kota Kertajati? Kapan?

Desas-desus ini Kertajati pisah dari Kabupaten Majalengka lewat pemekaean jadi Kota Kertajati, sedang ramai dan sudah lama dibicarakan di berbagai kalangan.

Bahkan, kabar Kertajati pisah dan pemekaran Kota Kertajati dikaitkan pula dengan dibukanya secara total Tol Cisundawu. Konon, Kertajati menjadi kota apabila Tol Cipali dan Cisundawu tetsebut terhubung.

Kertajati sekarang memang hanya salah satu kecamatan di Kabupaten Majalengka. Namun wilayah ini sangat strategis.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Biaya Tol Getaci 10 Kali Lipat Tol Cisumdawu, Gagal karena DANA Tidak Turun

Selain sekarang berdiri dengan megah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati akan menjadi penghubung kota-kota lain di Jawa. Terutama setelah nanti Tol Cisundawu tersebut difungsikan secara total. 

Seperti diketahui bersama, Tol Cisundawu belum total beroperasi. Saat ini tol yang memiliki terowongan kembar tersebut baru sampai Cimalaka, Sumedang. Kemungkinan baru akhir Februari 2023 ini bisa dibuka total. Terhubung dengan Tol Cipali di KM 152.

Di KM 152 yang dekat dengan Bandara Kertajati itu, merupakan titik temu antara Tol Cipali dan Tol Cisundawu. Di KM 152 itulah bakal menjadi penghubung dari dan menuju Bandung dan kota-kota lain di Jawa.

Pintu paling strategis dari Timur menuju Bandung. Juga lokasi paling dekat bagi warga Bandung dan Periangan Timur bila ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

BACA JUGA:TERBUKTI GUYS! Tutorial Saldo DANA Gratis Terbukti Membayar Tanpa Aplikasi, Rp 700 Ribu Per Hari

Wajar, jika ada yang menilai Kertajati itu lokasi strategis. Wilayah yang sangat menjanjikan di masa depan. Sehingga sangat layak kalau wilayah tersebut disiapkan menjadi kota yang mandiri, terpisah dari Majalengka.

Sebenarnya sudah lama wilayah tersebut dirancang untuk mandiri. Di seputaran Bandara BIJB Kertajati tersebut sudah direncanakan berdiri kota baru. Namanya Kertajati Aero City. Lokasinya pun antara KM 152 hingga dekat bandara BIJB tersebut. 

Di lokasi tersebut akan berdiri apartemen, hotel, kawasan perdagangan dan industri, juga hiburan dan olahraga serta fasilitas lainnya layaknya kota. Bahkan sekarang pun sudah berdiri hotel berbintang yang tak jauh dari Bandara Kertajati. 

Hal-hal tersebutlah yang sangat mendukung bila Kertajati menjadi sebuah kota yang otonom. Tapi, persoalannnya, kapan wacana tetsebut bisa terwujud?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: