Gerakan Jumsih, Menanam Pohon dan Senam Sehat, Kolaborasi Tim Penggerak PKK dan Dinas Lingkungan Hidup

Gerakan Jumsih, Menanam Pohon dan Senam Sehat, Kolaborasi Tim Penggerak PKK dan Dinas Lingkungan Hidup

JUMSIH:Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Majalengka, Dra Hj Dedeh Nurhayati Karna Sobahi MPd bersama jajaran pengurusnya melaksanakan penanaman pohon dan membersihkan lingkungan pada program Jumat Bersih (Jumsih) di Kelurahan Cicurug Kecamatan Majale--

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.ID - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK  Kabupaten Majalengka, Dra Hj Dedeh Nurhayati Karna Sobahi MPd  bersama jajaran pengurusnya dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Majalengka melaksanakan penanaman pohon dan  gerakan bersama membersihkan lingkungan pada program  Jumat Bersih (Jumsih) di Kelurahan Cicurug Kecamatan Majalengka, Jumat (16/12).

Dra Hj Dedeh Nurhayati Karna Sobahi MMPd menyatakan kegiatan Jumsih selain diisi gerakan bersih-bersih lingkungan, juga melaksanakan penanaman pohon.

Disebutkan  Hj Dedeh, kegiatan Jumsih  ini  merupakan bentuk kolaborasi antara PKK dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Majalengka yang telah dilakukan sejak tahun 2019, sebagai perwujudan cita-citanya sejak lama menjadikan Majalengka bersih.

“PKK mendapatkan bantuan pohon dari DLH sebanyak seribu pohon buah-buahan dengan jenis mangga 500 pohon, dan alpukat 500 pohon untuk ditanam di Kecamatan  Majalengka dan Kecamatan Cigasong,” papar Hj Dedeh.

BACA JUGA:Peringati Milad PUI Ke-105, Ribuan Massa Ikuti Jalan Sehat

Diungkapkan istri dari Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd ini, dengan banyak ditanam pohon maka akan dapat menjaga lingkungan dari banjir, dan penataan Kota Majalengka akan lebih tertib serta teratur.
“Dengan menanam pohon maka kita berarti menanam kebaikan,” ujar wanita yang memiliki latar belakang seorang guru ini.

Ditambahkan Hj Dedeh, selain dengan DLH, PKK juga berkolaborasi dalam pencegahan dan penurunan stunting dengan Dinkes dan DP3AKB. “PKK memiliki banyak program, dan kita akan menyelenggarakan jambore PKK dalam waktu mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DLH Ir Hj Nadisha Hanna Haritztin MM menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi kemitraan gerakan kebersihan dengan PKK, karena Lingkungan Hidup merupakan salah satu dari 10 Program PKK.

Dengan dimulai kebersihan di lingkungan keluarga yang merupakan binaan PKK diharapkan Majalengka yang Bersih Indah Sehat dan Asri dapat terwujud. “Harapan ke depan kemitraan dengan PKK terus dilaksanakan , karena selama ini sudah terjalin dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA:Warga Kawunghilir Antre Pengobatan Gratis

Ditambahkan Kadis Nadisha, kegiatan penanaman pohon dilaksanakan dalam rangka Hari Ibu untuk menanamkan rasa cinta terhadap pelestarian alam demi mewariskan alam yang bersih dari polusi, sehat dan memberikan hasil buah buahan dari pekarangan rumah.

“Pepatah mengatakan jangan berkata  indah pada waktunya, tapi siapa yang menanam  akan memetik hasilnya,” ungkapnya.

Dari pantauan koran ini, setelah membersihkan lingkungan dan aksi penanaman pohon, Hj Dedeh Bersama pengurus dan anggota PKK  beserta jajaran DLH melaksanakan senam sehat di halaman  Kelurahan Cicurug.
Pada kesempatan itu, hadir pula Sekretaris Dinas LH, para kepala bidang, Camat Majalengka, Doni Fardiansyah SSTP dan Lurah Cicurug, Atim Supratman SE.

BACA JUGA:SMK Darul Ma'arif Tampil di Acara Explore SMK Jabar Juara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: