Tingkatkan Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN-T Unma Gulirkan Program Gensar di Desa Cikeleng

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN-T Unma Gulirkan Program Gensar di Desa Cikeleng

Mahasiswa KKN-T Unma menggulirkan program Gerakan Menanam Sayuran Dipekarangan (Gensar) di Desa Cikeleng, kecamatan Japara kabupaten Kuningan ditandai secara simbolis memberikan bibit kepada setiap kepala dusun dan warga--

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan berkelanjutan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka menggulirkan program Gerakan Menanam Sayuran Dipekarangan (Gensar) di Desa Cikeleng, kecamatan Japara kabupaten Kuningan.

 

Ketua kelompok KKN-T Unma desa Cikeleng, M Azkal Azkia mengungkapkan program GENSAR adalah sosialisasi ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma) di Desa Cikeleng, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan. 

 

Azkal menjelaskan kegiatan ini dirancang sebagai respons terhadap tantangan ketahanan pangan yang dihadapi masyarakat desa, dengan mengusung tema 'ketahanan pangan untuk pertanian yang berkelanjutan'. 

 

Kegiatan tersebut di isi oleh Narasumber dari mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma) yaitu Rosdiana Haq dan Fatir Abdul Jabar dari program studi (Prodi) Agribisnis dan Faperta Fakultas Pertanian. 

 

Azkal menjelaskan Desa Cikeleng merupakan mayoritas penduduknya bergantung pada sektor pertanian. Menghadapi tantangan dalam menjaga ketahanan pangan dan menjaga keseimbangan lingkungan, maka kondisi tanah yang perlu diperbaiki, serta pemahaman masyarakat yang terbatas mengenai teknik pertanian berkelanjutan, menjadi latar belakang utama pelaksanaan program ini. 

 

"Oleh karena itu, GENSAR hadir untuk memberikan solusi nyata dengan memadukan pengetahuan akademis dan praktik lapangan," jelas Azkal.

 

Azkal mengemukakan program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ketahanan pangan dan praktik pertanian yang berkelanjutan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: