Wujudkan Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Workshop di Desa Kamarang Lebak

Wujudkan Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Workshop di Desa Kamarang Lebak

Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) menggelar kegiatan workshop bertema 'pembuatan pupuk organik untuk pemanfaatan pekarangan dalam rangka ketahanan pangan desa Kamarang Lebak--

Suryadi menyatakan apresiasinya terhadap inisiatif mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma). Pihaknya berharap bahwa pengetahuan yang didapat dari workshop ini dapat diterapkan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian pangan khususnya di desanya.

 

"Dengan adanya kegiatan workshop ini saya berharap semua warga desa bisa memanfaatkan lahan pekarangannya," harap Suryadi.

 

Suryadi mengaku masyarakat disini (Kamarang Lebak) banyak sekali lahan pekarangan yang belum baik. Supaya ketika harga sayuran naik masyarakat bisa memanfaatkan tanaman dilahan pekarangan mereka sendiri.

 

Sementara itu, dosen pembimbing lapangan Eka Juliar MPd mengatakan ketahanan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia, makanya ketahan pangan harus terjaga dan semuanya harus mempertahankan agar kelangsungan hidup bisa bertahan.

 

"Salah satu kegiatannya adalah dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang kita tanami dengan jenis tanaman yang dapat bermanfaat,” imbuh Eka.

 

Menurut Eka kegiatan ini merupakan wujud nyata kontribusi mahasiswa Universitas Majalengka (Unma) dalam pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan pengalaman ini dapat memperkaya wawasan mahasiswa dan memberi manfaat nyata bagi desa. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: