Tingkatkan Perekonomian Desa Jatipancur, Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Seminar Strategi Pemberdayaan UMKM

Tingkatkan Perekonomian Desa Jatipancur, Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Seminar Strategi Pemberdayaan UMKM

Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Jatipancur, Mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma) menggelar program kerja (Proker) utama yakni seminar UMKM dan E-Commerce--

"Usaha yang telah mereka geluti selama bertahun-tahun sudah memiliki kualitas produk yang baik namun belum memiliki packaging yang bagus," beber Bentar.

 

Selain melakukan seminar, lanjut Bentar, pihaknya juga melakukan kunjungan ke setiap home industri untuk membantu pembuatan logo, memasukan alamat home industri pada google maps, hingga menyarankan untuk mengganti packaging yang lebih higienis agar terlihat lebih menarik. 

 

Dosen pembimbing lapangan, R Nenny Kusumadewi SE MM menambahkan acara seminar tersebut dihadiri oleh aparat desa, para pelaku UMKM, para ibu-ibu PKK dan kader, dan warga desa setempat. 

 

"Antusiasme peserta seminar sangat tinggi. Kami juga menghadirkan langsung pemateri yang ahli pada bidangnya yakni narasumber kegiatan bapak Dr Haris Fauzi SE MM," tambah Nenny.

 

Nenny mengungkapkan antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. 

 

Salah satu peserta, Idah yang juga pemilik usaha Kodehel mengaku sangat terbantu dengan materi yang disampaikan.

 

"Seminar ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya mendapat informasi baru tentang cara memasarkan produk secara online. Selama ini hanya melalui pasar (offline) saja," tandas Idah. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: