Mahasiswa KKN-T Unma Kampanyekan Pencegahan Stunting Terhadap Ibu Hamil di Desa Gumulung Lebak

Mahasiswa KKN-T Unma Kampanyekan Pencegahan Stunting Terhadap Ibu Hamil di Desa Gumulung Lebak

Mahasiswa KKN-T Unma melaksanakan kegiatan penyuluhan stunting kepada ibu-ibu di Posyandu Harumanis 7 di desa Gumulung Lebak, kecamatan Greged Kabupaten Cirebon--

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) melaksanakan kegiatan penyuluhan stunting kepada ibu-ibu di Posyandu Harumanis 7 di desa Gumulung Lebak, kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, Rabu 7 Agustus 2024.

 

Ketua KKN-T Unma, Desa Gumulung Lebak Siti Widawiah mengatakan penyuluhan stunting ini bersamaan dengan penyelenggaraan Posyandu balita. 

 

"Kami (mahasiswa KKN-T Unma) melaksanakan penyuluhan didampingi oleh bidan dan tenaga kesehatan berpengalaman kepada para ibu agar dapat mencegah stunting sejak dini," ungkapnya.

 

Siti menjelaskan, stunting adalah kondisi di mana anak memiliki tinggi badan yang lebih rendah dari standar usianya akibat kurang gizi kronis. Banyak masyarakat mengira stunting sama dengan gizi buruk, padahal keduanya berbeda. 

 

Sedangkan gizi buruk adalah kondisi kurangnya nutrisi dalam jangka pendek yang mempengaruhi berat badan anak. Adapun stunting adalah akibat kekurangan nutrisi dalam jangka panjang yang berdampak pada pertumbuhan tinggi badan anak.

 

Menurut Siti, anak yang mengalami stunting berisiko menghadapi berbagai masalah kesehatan dan perkembangan, seperti penurunan kognitif, yang bisa mempengaruhi prestasi akademis mereka di sekolah. 

 

"Kesehatan jangka panjang mereka juga terpengaruh karena cenderung lebih rentan terhadap penyakit menular dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah," jelas Siti. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: