Viral! Mahasiswa Hukum UMP Plagiat Skripsi Mahasiswa Unsri, Dijiplak Sampai Plek Ketiplek Mirip Banget

Viral! Mahasiswa Hukum UMP Plagiat Skripsi Mahasiswa Unsri, Dijiplak Sampai Plek Ketiplek Mirip Banget

Isi cuitan X @wahkerensih-X @wahkerensih-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Viral di media sosial masyarakat Indonesia, terutama diawali dari X/Twitter yang berisi cuitan dari salah seorang eks mahasiswa Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri) yang merasa kesal dan jengkel, lantaran skripsi yang ia buat dijiplak plek ketiplek mirip dan terindikasi melakukan plagiarisme

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) melakukan tindakan plagiarisme terhadap skripsi, yang mirip persis dengan skripsi dari Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri).

Kejadian itu bermula saat akun X/Twitter @wahkerensih yanh membagikan bukti bahwa skripsi S1 miliknya dijiplak. "Bangkeeee skripsi S1 gue diplagiat plek ketiplek sama anak hukum Univ Muhammadiyah Palembang Hadeh @UMPCenter)," cuit @wahkerensih pada Rabu, 29 Mei 2024.

Lantaran kasus ini viral, akhirnya hingga sampai ke telinga Dekan FH (Fakultas Hukum) dari UMP H. Abdul Hamid Usman, S.H., M.Hum buka suara dan menjelaskan nasib mahasiswanya jika terbukti melakukan plagiarisme.

BACA JUGA:Ternyata Gaji yang Diterima Hansi Flick Lebih Kecil dan Hanya Separuh dari Gaji Xavi Hernandez di Barcelona 

Selaku Dekan FH, Abdul Hamid Usman mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti terkait dugaan plagiat skripsi S1 tersebut, pun akan diadakan tim investigasi yang berupaya menelusuri kasus ini.

"Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang akan segera menindaklanjuti temuan ini. Kedua akan segera membentuk tim investigasi," kata Abdul Hamid Usman dalam video konferensi pers di Instagram @umpalembang pada Rabu, 29 Mei 2024.

Kekesalan mahasiswa Unsri yang skripsi nya ditiru dan dijiplak itu diungkapkan oleh akun X @wahkerensih, ia mengeluarkan kekesalan dan unek-uneknya seperti cuitan "BANGKEEEEE SKRIPSI S1 GUE DIPLAGIAT PLEK KETIPLEK SAMA ANAK HUKUM UNIV MUHAMMADIYAH PALEMBANG HADEH @UMPCenter," tulisnya sembari menyebut akun UMP. "YANG KIRI PUNYA GUE, DITERBITKAN TAHUN 2021, YANG KANAN PUNYA SI PLAGIAT, DITERBITKAN MARET 2024"

"Lebih lanjut dari cuitan tersebut juga mengatakan "Tega banget mba sampai plek ketiplek plagiatin skripsi saya. Saya perjuangin loh itu dengan kerja keras. "Mamah lagi sakit kanker pada saat itu. Saya bolak balik ke rumah dosen saya dari rumah sakit untuk bimbingan," terangnya. "Kalau memang nggak punya hati, minimal punya adab dan otak," sambung akun @wahkerensih dalam bentuk cuitan.

BACA JUGA:Prediksi Eks Pelatih Barcelona Xavi, untuk Pelatih Baru Hansi Flick, Kata Xavi: Anda Akan Menderita 

Sementara itu, Dekan FH UMP Abdul Hamid Usman juga buka suara soal tindakan plagiarisme ini, apabila benar adanya berdasarkan fakta dari tim investigasi untuk kasus ini, maka mahasiswa UMP yang melakukan tindakan plagiat itu akan diberi sanksi tegas.

"Apabila terbukti terjadi pelanggaran akademik, maka (pihak UMP) akan memberikan sanksi yang tegas kepada mahasiswa yang bersangkutan," tegas Abdul Hamid Usman. "InsyaAllah tim investigasi ini akan segera bekerja untuk menindaklanjuti temuan ini dan akan segera ada keputusan yang berlaku," sambung Abdul Hamid Usman.

Mahasiswa Unsri yang kena plagiat tersebut sudah berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing pada 18 Agustus 2020. "Nih mba bukti saya konsultasi mengenai ide saya dalam pembuatan skripsi tsb. 18 Agustus 2020. YANG BENER AJE LU PAKE PLAGIAT PLAGIAT" tuturnya.

Mahasiswa Unsri itu mengaku sudah berkonsultasi dengan pihak Dekan dari FH Universitas Sriwijaya untuk melakukan tindakan somasi. Ia menegaskan akan melayangkan somasi terhadap Fakultas dan Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengenai masalah plagiarisme ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: