Pernah Dengar Senandika? Ini Perbedaan Puisi dan Senandika, Dua Buah Bentuk Ekspresi Sastra Yang Berbeda

Pernah Dengar Senandika? Ini Perbedaan Puisi dan Senandika, Dua Buah Bentuk Ekspresi Sastra Yang Berbeda

Pernah Dengar Senandika? Ini Perbedaan Puisi dan Senandika, Dua Buah Bentuk Ekspresi Sastra Yang Berbeda-pinterest - tangkapan layar -Radarmajalengka

RADARMAJALENGKA.COM - Pernah dengar istilah Senandika? Mungkin bagi orang yang asing dengan satra bisa jadi Ketika Kamu membaca artikel ini, itu kali pertama Kamu mengetahuinya.

Puisi dan senandika adalah dua bentuk ekspresi sastra yang sering kali disamakan, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang mendasar.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara keduanya serta karakteristik yang membedakan puisi dan senandika.

Pengertian Puisi

Puisi adalah bentuk sastra yang menggunakan bahasa secara kreatif untuk menyampaikan gagasan, perasaan, atau pengalaman melalui pengaturan kata-kata yang teratur dan ritmis.

Puisi sering kali memanfaatkan gaya bahasa yang khas seperti metafora, simile, atau personifikasi untuk menciptakan efek artistik dan emosional pada pembacanya.

BACA JUGA:Laptopmu Sering Kena Debu? Ini Dia Cara Membersihkan Laptop Dari Debu Yang Baik dan Benar

Pengertian Senandika

Senandika, atau sering juga disebut prosa puisi, adalah bentuk sastra yang merupakan perpaduan antara prosa dan puisi.

memiliki ciri-ciri struktur yang lebih bebas daripada puisi, namun tetap mempertahankan unsur keindahan dan estetika bahasa.

Senandika sering kali menggunakan gaya bahasa yang khas seperti puisi, namun disusun dalam bentuk prosa yang lebih panjang dan alur cerita yang lebih terstruktur.

Perbedaan dalam Struktur

Salah satu perbedaan utama antara puisi dan senandika terletak pada struktur dan tata bahasanya.

Puisi cenderung memiliki struktur yang lebih teratur dan ritmis, sering kali dengan pola irama dan rima yang khas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: