Tak Hanya Untuk Penyedap Rasa Ternyata Ketumbar Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Tak Hanya Untuk Penyedap Rasa Ternyata Ketumbar Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tanaman ketumbar, baik daun maupun bijinya, dapat digunakan sebagai bumbu masakan sekaligus obat-obatan. Sebagai obat tradisional, biji ketumbar biasanya dimanfaatkan dengan cara dikeringkan atau dihaluskan untuk dibuat menjadi minuman herbal seperti jamu, teh herbal, atau air ketumbar. Ketumbar mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Seluruh kandungan nutrisi tersebut baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat ketumbar yang dapat Anda peroleh:

1. Mencegah keracunan makanan

Ketumbar diketahui mengandung senyawa antimikroba yang dapat melawan infeksi tertentu dan mencegah keracunan makanan. Contohnya, kandungan senyawa deodesenal pada ketumbar diketahui mampu melawan bakteri Salmonella penyebab keracunan makanan.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Salah satu manfaat ketumbar yang paling terkenal adalah mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, diare, mual, perut kembung, dan sembelit. Selain itu, tanaman herbal satu ini juga dipercaya mampu mengurangi nyeri akibat sindrom iritasi usus besar. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dari minyak hasil ekstraksi biji ketumbar.

3. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat ketumbar selanjutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena biji ketumbar dapat merangsang produksi hormon insulin dalam tubuh dan meningkatkan fungsinya, sehingga mampu mencegah penumpukan gula dalam darah.

BACA JUGA:Sekda Eman sudah Merapat ke PPP

4. Melawan radikal bebas

Selain sebagai antimikroba, ketumbar juga berkhasiat sebagai antioksidan yang dapat mencegah bahaya radikal bebas, salah satunya penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Beberapa senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan dalam ketumbar meliputi terpinen, quercetin, dan tokoferol. Tak hanya sebagai antioksidan, semua senyawa tersebut juga memiliki efek antikanker. Itulah beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: