Mengulik Manfaat Buah Bidara Yang Jarang Diketahui

Mengulik Manfaat Buah Bidara Yang Jarang Diketahui

Berbagi manfaat dari buah Bidara yang jarang diketahui -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Buah bidara merupakan buah khas dari Asia Selatan yang kaya akan nutrisi. Di Indonesia, buah ini banyak ditemukan di Sumba, Jawa, dan Bali. Buah bidara berbentuk bulat dengan ukuran sebesar buah pir. Apabila matang, warnanya berubah dari hijau menjadi merah tua. Semakin matang, tekstur buahnya semakin keriput dan lunak, tetapi masih bisa dimakan beserta kulit tipisnya. Buah bidara mengandung beberapa mineral lain yang meliputi kalium, sodium, mangan, zinc, tembaga, serta beragam senyawa bioaktif, seperti, fenol, flavonoid, saponin, asam triterpenat, dan fenol. Berikut ini adalah beberapa manfaat Buah bidara bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan fungsi saluran pencernaan

Tingginya serat yang terkandung dalam buah bidara bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saluran cerna. Serat dikenal dapat melunakkan tinja, sehingga dapat melancarkan buang air besar dan mengurangi risiko sembelit.

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata di Jepara Mirip Bali, Surga Tersembunyi di Jawa Tengah

2. Menangkal radikal bebas

Buah bidara memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat berkat kandungan beragam senyawa aktif di dalamnya. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

BACA JUGA:Rekomendasi Desa Berupa Wisata di Majalengka, Paling Diburu Masyarakat Indonesia

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada satu buah bidara bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini berperan penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi atau menghasilkan antibodi.

BACA JUGA:AKHIRNYA! Samurai Biru Jepang Berhasil Menjadi Juara Piala Asia U-23 2024, Kalahkan Uzbekistan 1-0

4. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan saponin dan tanin dalam buah bidara bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel tubuh, khususnya pada penderita diabetes. Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam buah bidara yang jarang diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: