AKHIRNYA! Samurai Biru Jepang Berhasil Menjadi Juara Piala Asia U-23 2024, Kalahkan Uzbekistan 1-0

AKHIRNYA! Samurai Biru Jepang Berhasil Menjadi Juara Piala Asia U-23 2024, Kalahkan Uzbekistan 1-0

Jepang VS Uzbekistan 1-0, Samurai Biru berhasil jadi Juara Piala Asia U-23 2024 Qatar. -Google Chrome - Tangkapan Layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Timnas Jepang VS Timnas Uzbekistan dalam laga pertandingan final untuk jadi juara Piala Asia U-23 2024 (4/5) di Stadion Jassim bin Hamad ini berlangsung secara dramatis, dan akhirnya Jepang keluar sebagai juara, setelah mengalahkan Uzbekistan tipis 1-0 saja, dan dipastikan Jepang mampu melaju ke Olimpiade Paris 2024 dan bergabung di Tim D.

Pertandingan final ini selama perjalanannya benar-benar dramatis, baik Jepang maupun Uzbekistan keduanya saling serang, namun Uzbekistan lebih dominan menyerang jika dilihat dari statistik, sementara itu Jepang lebih banyak 'Defense' bertahan.

Babak pertama Uzbekistan lebih dominan, sedangkan di babak kedua pada perpanjangan waktu di menit 90+1 yang pada akhirnya menjadi skor dan hasil akhir untuk Jepang memenangkan pertandingan melalui sepakan Fuki Yamada, dan pada akhirnya Jepang keluar sebagai juara setelah mengalahkan Uzbekistan.

Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai rangkuman dari berbagai sumber terkait Jepang VS Uzbekistan dalam laga final untuk menentukan siapa yang akan jadi juara di perhelatan Piala Asia U-23 2024 Qatar, dan Jepang si Samurai Biru lah pemenangnya. 

BACA JUGA:Profil Guinea U-23 Tim Sepakbola Debutan yang Akan Melawan Indonesia Dalam Babak Playoff Olimpiade Paris 2024

Dramatisnya pertandingan final antara dua klub sepakbola ini bisa dirasakan, pada kick off babak pertama, Uzbekistan lebih unggul dalam penguasaan bola atas Jepang, Uzbekistan melancarkan serangan untuk membobol lini pertahanan Jepang. Berdasarkan statistik Uzbekistan unggul dalam penguasaan bola sebesar 53%.

Sedangkan Jepang dalam penguasaan bola jika dilihat dari statistik hanya sebesar 47%. Dua klub sepakbola ini saling melempar operan demi menciptakan peluang untuk menambahkan skor, baik di babak pertama ataupun babak kedua. Berdasarkan statistik operan Jepang sebanyak 400, dan Uzbekistan lebih unggul dalam soal operan sebanyak 420.

Sampai babak pertama turun minum, kedua klub sepakbola ini belum menorehkan satu skor apapun, barulah pada babak kedua Jepang lebih unggul karena berhasil mencetak skor dan mampu menjebol pertahanan gawang Uzbekistan melalui sepakan pemain Jepang Fuki Yamada. 

Secara statistik tembakan ke arah gawang lebih dikuasai oleh Uzbekistan daripada Jepang, tembakan ke arah gawang dari Uzbekistan itu sebanyak 5, namun semuanya tidak menciptakan gol satupun buat Uzbekistan, sebaliknya tembakan ke arah gawang dari Jepang hanya 2, sekalipun Jepang lebih sedikit untuk tembakan ke arah gawangnya, namun Jepang mampu menuntaskan pertandingan final dengan baik dan keluar sebagai Juara.

BACA JUGA:Masih Ada Harapan, Timnas Indonesia Bisa Melaju ke Olimpiade Paris 2024 Melalui Babak Playoff VS Guinea!

Babak kedua merupakan babak penentuan pada laga pertandingan antar kedua klub sepakbola ini demi mendapatkan trofi untuk jadi juara di perhelatan Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Uzbekistan mampu mendapatkan penalti yang diberikan oleh wasit Mooud Bonyadifard setelah bek kanan Jepang, Hiroki Sekine dianggap melakukan handball saat melakukan duel udara setelah melalui pengamatan Video Assistant Referee (VAR).

Umarali Rahmonaliyev maju sebagai eksekutor. Tetapi tembakannya ke kanan gawang mampu dibaca dengan sempurna oleh Kokubo. Upaya Uzbekistan untuk bisa mencetak gol penyama kedudukan tidak kunjung membuahkan hasil.

Hingga babak perpanjangan waktu usai, Uzbekistan tak mampu menjebol gawang Jepang, dan pada akhirnya pertandingan final ini dimenangkan oleh Jepang 1-0 atas Uzbekistan. Samurai Biru Jepang keluar sebagai Juara Piala Asia U-23 2024 Qatar, serta mampu mengunci tiket menuju Olimpiade Paris 2024 di grup D.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: