Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon: Perpaduan Taman Air dan Situs Sejarah

Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon: Perpaduan Taman Air dan Situs Sejarah

Wisata situs sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi di Cirebon-Tangkap layar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Taman Sari Gua Sunyaragi menawarkan wisata sejarah yang edukatif dan rekreatif. Situs ini cocok dikunjungi bersama keluarga untuk mengenal Cirebon dari sisi budaya dan sejarah.

Gua Sunyaragi, yang lebih dikenal dengan Taman Sari Gua Sunyaragi, adalah situs bersejarah yang ada di Kota Cirebon, Jawa Barat. 

Dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen, cicit dari Sunan Gunung Jati, tempat ini dulunya berfungsi sebagai tempat peristirahatan, meditasi, bahkan strategi para Sultan Cirebon beserta keluarganya. Namun, konsep bangunannya unik, menyerupai taman air.

Konsep bangunan utama yang berupa kolam dan gua buatan menjadi daya tarik utama. Pengunjung bisa melihat perpaduan unsur kesegaran taman air dengan nilai sejarah yang kental.

BACA JUGA:Wisata Batu Lawang Menawarkan Pesona Tebing Unik dan Pemandangan Menakjubkan di Cirebon

Taman Sari Gua Sunyaragi memiliki luas sekitar 15 hektar. Kompleks ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu pesanggrahan (tempat persinggahan) dan bangunan gua.

Bagian pesanggrahan dilengkapi dengan berbagai ruangan seperti serambi, ruang tidur, kamar mandi, dan ruang ibadah. Tak ketinggalan, terdapat taman yang asri dengan kolam di sekitarnya.

Selain sebagai tempat peristirahatan, konon Taman Sari Gua Sunyaragi juga digunakan sebagai tempat berlatih perang prajurit keraton.

Informasi tambahan:

  • Lokasi: Jl. By Pass Brigjen Dharsono, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45162
  • Jam buka: 08.30 - 16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000 per orang (dewasa), Rp 2.500 per orang (anak-anak)
  • Fasilitas: Tempat parkir, toilet, musala, warung makan
  • Aktivitas: Menjelajahi kompleks gua dan pesanggrahan, bersantai di taman, berfoto

BACA JUGA:Bukit Gronggong: Pesona Alam Romantis dan Pemandangan Indah Kota Cirebon

Gimana, sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga tercinta bukan? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: