5 Fakta Menarik Uzbekistan Sebagai 'Lawan' Bagi Indonesia, Salah Satu Fakta Menariknya Tidak Pernah Kebobolan!

5 Fakta Menarik Uzbekistan Sebagai 'Lawan' Bagi Indonesia, Salah Satu Fakta Menariknya Tidak Pernah Kebobolan!

Potret Timnas Uzbekistan U-23 -Instagram @uzbekistanfa - Tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Uzbekistan sebagai salah satu perwakilan negara Asia Tengah yang berlaga di Piala Asia U-23 2024 Qatar ini memiliki beberapa fakta menarik atau funfact yang patut untuk diulas.

Selama laga pertandingan Piala Asia U-23 2024 Qatar berlangsung, Timnas Uzbekistan merupakan lawan yang tangguh, bahkan mampu menyingkirkan lawan-lawan sebelumnya yang pernah face to face atau berhadapan langsung dengan Uzbekistan.

Uzbekistan juga mampu menjadi tim sepakbola yang memiliki performa gahar pada selama laga pertandingan berjalan, berkat pemain-pemain nya yang masih memiliki usia muda produktif. Dan kini Uzbekistan harus berhadapan dengan Indonesia di laga semifinal untuk perebutan tiket menuju selangkah lagi hingga ke final.

Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai 5 fakta menarik Timnas Uzbekistan U-23 selama pertandingan Piala Asia U-23 2024 berlangsung, yang salah satu fakta menariknya itu merupakan tim sepakbola sejauh ini yang tidak atau belum pernah kebobolan, simak selengkapnya disini. 

BACA JUGA:Rasa Pesimis Simon McMenemy Terhadap Timnas Indonesia, Namun Kini Berubah Jadi Optimis Berkat Shin Tae-yong!

1. Uzbekistan pernah jadi juara Piala Asia U-23 2018

Pada perhelatan Piala Asia U-23 2018, Uzbekistan keluar sebagai juara dan mendapatkan trofi, usai laga pertandingan melawan Vietnam, usai Vietnam dikalahkan oleh Uzbekistan 2 - 1. Hal ini yang memungkinkan bagi Timnas Uzbekistan U-23 ini menjadi lebih berpengalaman dalam laga semifinal kontra Indonesia pada perhelatan Piala Asia U-23 2024 nanti.

2. Rata-rata usia pemain Uzbekistan 

Rata-rata usia pemain Uzbekistasn memiliki rata-rata usia pemainnya yaitu 21,4. Pemain termuda Uzbekistan berusia 20 tahun yakni Abdukodir Khusanov. Sementara timnas Indonesia memiliki rata-rata usia pemain 20,56. Yang menjadi fakta bahwa pemain dari Timnas Uzbekistan ini masih tergolong dalam usia muda yang produktif. 

BACA JUGA:Vietnam Tak Lolos Babak Semifinal Usai Dikalahkan Irak 1-0, Irak Dipastikan Maju Ke Semifinal Piala Asia U-23

3. Capaian gol Timnas Uzbekistan U-23 

Fakta pertandingan 12 gol di fase group dan perempat final dicetak oleh 10 pemain berbeda. Hanya dua pemain yang mencetak dua gol yakni K Norchaev dan A Odilov. Permainan Uzbekistan utamanya mengandalkan kolektivitas, yang berarti bahwa gol yang dicetak tidak selamanya dibuat oleh satu pemain yang sama melainkan dari beragam pemain yang berbeda-beda karena kolektif.

4. Pemain Timnas Uzbekistan yang main di luar negeri

Pemain timnas Uzbekistan ada yang berlaga di klub internasional luar negeri. Di Rusia, ada dua pemain asal Uzbekistan, ada juga pemain yang membela klub di Prancis, Kazakhstan, dan Uni Emirat Arab satu pemain. Mereka yang bermain di luar negeri yaitu Ibrokimkhalil Yuldhosev (Kairat Almaty), Khozimat Erkinov (Al Wahda), Abbosbek Fayzullaev (CSKA Moscow), Umarali Rakhmonaliev (Rubin Kazani), dan Abdukodir Khusanov (RC Lensi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: