5+ Keutamaan Nuzulul Quran, di Bulan Ramadan 2024

5+ Keutamaan Nuzulul Quran, di Bulan Ramadan 2024

Al quran merupakan pedoman hidup umat islam--Luna - Tangkapan layar

BACA JUGA:3 Cara Membuat Telur Asin yang Mudah dan Enak, Banyak Rasa!

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ 

Artinya: 

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)

 2. Memperoleh pahala yang berlipat

Inilah istimewanya bulan Ramadan, di bulan ini, semua pahala dilipatgandakan. 

BACA JUGA:5 jenis tanaman hias daun yang cocok untuk di outdoor

Seperti saat membaca Al Qur'an, di bulan ini, setiap huruf di dalam Al Qur'an yang dibaca, pahalanya akan dilipatgandakan.

Seperti dikatakan dalam hadis Tirmidzi:

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: 

Dari Abdullah Ibnu Mas‘ud, Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an), maka dia akan memperoleh satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan dengan sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim (sebagai) satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mim satu huruf," (HR. At-Tirmidzi: 2835).

BACA JUGA:Ini dia rekomendasi tanaman hias yang cocok diluar ruangan yang mudah untuk dirawat

Kemudian, ada pahala lebih lagi bagi mereka yang belum lancar membaca Al Qur'an. Seperti dijelaskan dalam hadis Bukhari dan Muslim: 

Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala,” (HR. Bukhari Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com