9 Tips Hidup Hemat atau Frugal living untuk Membantu Mengelola Keuanganmu Menuju Financial freedom.

9 Tips Hidup Hemat atau Frugal living untuk Membantu Mengelola Keuanganmu Menuju Financial freedom.

Gaya hidup Frugal untuk financial freedom-freepik - tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Salah satu gaya hidup yang terkenal dan banyak orang pelajari belakangan ini adalah gaya hidup Frugal living. Apa itu Frugal Living? Frugal living secara sederhana sering dimaknai sebagai gaya hidup hemat atau irit terhadap pengeluaran agar dapat menabung lebih banyak. Tujuan utamanya adalah mengurangi pengeluaran dengan membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan sambil menghindari pemborosan.

Gaya hidup satu ini banyak membantu orang untuk mencapai financial freedom pada usia yang masih relatif muda, tak jarang banyak orang memepelajarinya karena gaya hidup ini mampu memberikan banyak manfaat.

Gaya hidup ini memfokuskan cara untuk kita lebih dewasa dalam mengelola uang, salah satu cara yang paling banyak orang lakukan adalah dengan memperhatikan pola pengeluarann uang pada diri masing-masing. 

Lalu bagaimanakah orang-orang yang menggunakan gaya hidpu ini dan menerapkannya sehari-hari? dalam artikel ini telah kami rangkum 9 tips hidup hemat atau frugal living yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA:5 Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa, Kamu Perlu Mencoba.

1. Jangan pergi belanja untuk barang ga penting

Maksud dari jangan pergi belanja untuk barang ga penting adalah membiasakan diri untuk berfikir lebih lama ketika kita sedang menginnginkan suatu barang. Pikirkan terlebih dahulu apakah barang itu kita butuhkan atau sekadar kita inginkan,  Kebiasaan belanja impulsif dan belanja konsumtif ini bisa membuat kita terlalu boros dalam pengeluaran. Pikirkan terlebih dahulu apakah kita benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya sekedar menginginkannya.

2. Hiduplah sesuai kebutuhan kita

Hidup dengan sesuai kebutuhan masih berkaitan dengan point pertama, point ini mempertegas kembali untuk kita sadar akan kebutuhan bukan keinginan. Karena jika kita hidup dengan memprioritaskan keinginan itu tidak  akan ada ujungnya. Alokasikan budget kepada hal yang kita butuhkan terlebih dahulu seperti pengeluaran wajib tiap bulan yang memang tidak bisa di pisahkan seperti, listrik, internet, air dan sebagainya. 

BACA JUGA:Apakah Orang Tua Boleh Mengambil THR Milik Anak?, Berikut Penjelasannya

3. Rawat dan sayangi apa yang kita punya

Dengan merawat apa yang sudah kita punya kita akan semakin bisa mengontrol dan memaksimalkan fungsi barang tersebut, dengan merawat apa yang kita punya kita bisa memperkecil kemungkinan pengeluaran tambahan seperti baiaya-biaya tak terduga. misal servis HP karena kita teledor menggunakannya dan tidak merawat dengan baik. Rawat dan sayangi apa yang kita punya pun tidak hanya dalam segi barang, point ini juga bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan kita.

4. Pakai barang sampai rusak

Point ini bisa dikatakan agak susah untuk dialakukan atau jarang bisa orang lakukan, tapi point ini bisa sangat membantu kita memperkecil pengeluaran kita. Dengan memaksimalkan penggunaan barang yang kita punya kita tidak perlu terlalu banyak membeli barang yang sama. Hal yang perlu diingat pada point ini adalah walaupun kita harus memaksimalkan penggunaan barang yang kita punya kita juga perlu dewasa dengan sadar ketika barang yang kita pakai itu sudah tidak layak ya kita perlu menggantinya. Jangan samapai barang yang sudah tidak layak pakai tapi kita malah terus memaksakan menggunakannya, hal tersebut justru berbahaya dan bisa mencelakakan kita, dan tentunya ketika membahayakan kita itu juga bisa menyebabkan pengeluaran tambahan tak  terduga seperti berobat karena kecelakaan ketika kita memakai barang yang tidak layak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: