Kolang Kaling, Ikon Baru Kabupaten Majalengka, Pernah Masuk Rekor Muri dengan 350 Olahan Pangan

Kolang Kaling, Ikon Baru Kabupaten Majalengka, Pernah Masuk Rekor Muri dengan 350 Olahan Pangan

Kolang kaling bisa menjadi ikon baru bagi Kabupaten Majalengka.-Endeus Tv - Tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tak salah jika kolang kaling menjadi ikon baru Kabupaten Majalengka. Di Kota Angin ini, ada ratusan olahan pangan berbahan dasar kolang kaling.

Bahkan Museum Rekor Indonesia (Muri) pernah mencatat‎ Rekor ada 350 olahan pangan dengan bahan dasar buah kolang-kaling.

Bermacam-macam olahan pangan dari buah aren yang difermentasi tersebut. Ada yang berupa makanan dan ada pula minuman.

Dari 350 olahan pangan tersebut, di antaranya berupa kue lapis, kue lumpur, sarang semut dan cemilan. Bahkan bakso pun ada yang dibuat dari kolang kaling.

BACA JUGA:Realme C51 S, Spek Terbaru dan Harga Terjangkau untuk Smartphone yang Memukau

Pada tahun 2019 lalu, 350 panganan yang berbahan dasar biji ini pernah dipamerkan dalam Festival Olahan Pangan (Opang). Festival itu berlangsung di lapangan GGM Majalengka Kota.

Bahkan festival ketika itu, merupakan yang pertama di Indonesia dan dunia. Karena dalam kegiatan itu, Muri memberi rekor sebagai makanan olahan berbahan dasar kolang kaling terbanyak di Indonesia.

Buah yang selalu akrab dijadikan bahan kolak pada bulan Ramadhan ini, rupanya juga mengandung banyak khasiat dan manfaat. Terutama untuk kesehatan tubuh.

Di antaranya kolang-kaling sangat baik untuk kesehatan, karena dapat melancarkan pencernaan. Selain itu juga menyehatkan tulang, menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, mencegah anemia, dan mencegah dehidrasi.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Cara Lacak Lokasi Seseorang dengan Nomor HP untuk Keperluan Penting Anda

Biji ini dapat menjaga metabolisme tubuh, meremajakan kulit, kaya akan kalsium, dan kandungan serat. Bisa digunakan untuk obat radang sendi, serta kaya akan vitamin.

Buah dengan tekstur kenyal berwarna putih bening menyerupai batu tawas itu, banyak dijumpai dijajakan di pinggir jalan raya di Majalengka. Paling banyak di jalan raya Maja-Cikijing. Tepatnya di Kecamatan Banjaran dan Talaga.

Banyak orang dari berbagai daerah menyempatkan singgah dan membeli buah mungil penuh khasiat ini. Terutama ketika bulan Ramadan seperti sekarang ini.

Seperti diketahui, kolang kaling sangat nikmat bila dibuat es campur, kolak maupun racikan makanan olahan berasa manis lainnya. Panganan ini cocok dihidangkan untuk berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: