4 HP Galaxy Ini Tak Lagi Dapat Update Keamanan dari Samsung, Apa Saja?

4 HP Galaxy Ini Tak Lagi Dapat Update Keamanan dari Samsung, Apa Saja?

4 HP Galaxy ini Tak Lagi Update Keamanan dari Samsung-www.samsung.com-tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COM - Brand smartphone terkemuka asal Korea Selatan ini dikabarkan akan menghentikan dukungan dari empat model lama dari series Galaxy.

Keempat smartphone tersebut merupakan model lama dari segmen mid range hingga low end, yaitu Samsung Galaxy Note 10 Lite, Galaxy S10 Lite, Galaxy A02, dan Galaxy A71 4G.

Seperti diketahui, daftar smartphone di atas telah mendapatkan pembaharuan keamanan selama 4 tahun.

Memasuki Januari 2024, keempat ponsel tersebut tidak lagi mendapatkan update keamanan resmi dari Samsung. Lalu, apakah ponsel-ponsel tersebut masih bisa digunakan meski tak lagi dapat upgrade keamanan? 

BACA JUGA:Daftar HP Oppo Paling Murah AnTuTu Benchmark di Atas 800 Ribu

Jawabannya adalah bisa. Namun pengguna juga harus bersiap terhadap resiko keamanan apabila memilih untuk tetap menggunakan ponsel tersebut. Salah satu resiko keamanan mungkin bisa mengancam data, privasi, hingga program berbahaya yang berkeliaran di internet yang tentunya bisa menyerang ponsel.

Berikut ini adalah contoh risiko yang akan dihadapi oleh pengguna jika tetap menggunakan ponsel yang tidak lagi mendapatkan update keamanan.

1. Kompatibilitas Aplikasi yang Terbatas

Jika ponsel sudah tidak dapat update keamanan, maka beberapa aplikasi mungkin tidak lagi dapat digunakan. Hal ini terjadi karena pengembang aplikasi terus memperbaharui aplikasi mereka. Untuk pembaharuan aplikasi ini dibutuhkan sistem operasi yang terbaru.

Update software sendiri merupakan hal yang wajib dilakukan agar perangkat yang digunakan tetap up-to-date dan memiliki fitur-fitur terbaru.

2. Serangan Malware

Selain itu, smartphone yang sudah tidak update keamanan akan rentan terhadap serangan hacker. 

Hacker akan memanfaatkan kerentanan tersebut untuk mencuri data, memasang malware, atau mengambil alih perangkat ponselmu.

BACA JUGA:Hp Samsung Dibawah 5 Juta, Banyak Dilirik Ada Fitur yang Lebih Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: