3 Tips Simpel Atasi Rambut Kering Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

3 Tips Simpel Atasi Rambut Kering Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Rambut kering -Radarmajalengka.com-CNN Indonesia - tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COM - Ternyata solusinya mudah saja. Namun sebelum mengetahui cara merawat rambut kering dengan benar, kenali dulu penyebab rambut bisa dehidrasi dan kekurangan nutrisi hingga menjadi kering? Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Rambut memiliki 3 lapisan. Lapisan luar, tengah, dan lapisan dalam. Lapisan terluar yakni kutikula merupakan pelindung lapisan dalam rambut. Berfungsi untuk menjaga agar minyak alami tetap maksimal bertahan di permukaan rambut dan menjadikannya berkilau, serta terlindung dari paparan luar yang merusak.

Saat rambut kering, lapisan terluar rambut mengalami kerusakan. Bahkan dalam kondisi kering ekstrim, kutikula bisa pecah terbuka sehingga menyebabkan rambut rapuh, kusam, bahkan bercabang.

Umumnya rambut bisa semakin kering karena berbagai faktor. Sebagian faktor bersifat permanen, dan sebagian lainnya bisa diatasi dengan melakukan perawatan tertentu. Beberapa faktor namun bisa diatasi dengan berikut ini.

BACA JUGA:Manfaat Pakai Lidah Buaya untuk Rambut Beruban, Ampuh Bikin Rambut Kembali Hitam Dalam Semalam!

1.  Keramas dengan Air Dingin

Pemilihan suhu air untuk keramas harus selalu diperhatikan dengan cermat. Pasalnya, air dengan suhu tinggi bisa mengikis minyak alami kulit, menjadikannya semakin kering dan kusam. Sebagian orang menyukai mandi dengan air hangat karena tubuh terasa nyaman.

BACA JUGA:Ayok Terbang Dari Kertajati, Ini List Travel Bandung - Bandara Kertajati

Namun, jangan sampai air hangat atau panas tersebut terkena rambut. Apalagi jika helaian rambut sudah memiliki tanda-tanda kerusakan dan kekeringan yang parah.

Lebih baik mandi dan keramas dengan air dingin. Selain relatif aman untuk mempertahankan minyak esensial pada kulit kepala dan rambut, air dingin juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

BACA JUGA:Bagi Yang Ingin Liburan Ke Majalengka, Ini 4 Rekomendasi Villa Yang Cocok Untukmu. Gas Healing!

Lantas, bagaimana jika udara atau cuaca sedingin es? Haruskah keramas dengan air yang dingin? Tenang saja, kamu boleh kok memakai air dengan suhu yang lebih hangat dari suhu ruangan. Intinya, jangan terlalu panas.

2.Keringkan dengan Handuk Lembut atau T-shirt Katun

Serat handuk yang halus sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki rambut kering. Jenis microfiber umumnya nyaman dan aman untuk menyerap air dari rambut setelah keramas. Namun, handuk berkualitas bagus biasanya lebih mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com