Kenali Penyebab Wajah Bruntusan dan Gatal yang Jarang Disadari!

Kenali Penyebab Wajah Bruntusan dan Gatal yang Jarang Disadari!

Penyebab Wajah Bruntusan dan cara mengatasinya-Pinterest @Mandere-Tangkapan Layar

Tidak semua kosmetik akan cocok di kulitmu. Jika kosmetik mengandung bahan iritan, maka kulitmu akan bereaksi dengan menimbulkan gatal dan ruam di wajah. 

Reaksinya bisa bermacam-macam tergantung tingkat alergi, misalnya keluar bintik-bintik, ada yang disertai rasa gatal dan panas, sampai bruntusan di wajah. Untuk itu, pilih kosmetik dengan kandungan organik yang sesuai dengan jenis kulitmu ya!

5. Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan bruntusan, terutama di area jidat. Terlebih jika kamu berada di usia puber, maka hormon dapat menjadi salah satu penyebab munculnya bruntusan di jidat.

Selain pubertas, wanita dalam fase menstruasi, kehamilan, menopause, atau menggunakan kontrasepsi juga rentan mengalami bruntusan akibat kadar hormon yang berubah.

6. Konsumsi Terlalu Banyak Gula

Mengonsumsi makanan dan minuman manis ternyata menjadi salah satu penyebab munculnya bruntusan. Gula dapat menghilangkan antioksidan pada wajah, sehingga membuat wajah terlihat kusam dan memicu munculnya bruntusan.

BACA JUGA:5 Penyebab Wajah Bruntusan dan Cara Mengatasinya agar Cepat Membaik

7. Keringat

Berkeringat itu baik, karena dapat mendetoksifikasi racun. Namun, berkeringat terlalu lama juga tidak baik karena dapat membuat kotoran mudah menempel, sehingga menimbulkan rsa gatal dan bruntusan.

Itulah beberapa kebiasaan penyebab wajah bruntusan dan gatal yang jarang kita sadari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: