Situs Batu Panjang, Lokasinya di Perbatasan Majalengka - Ciamis, Lebih Tua dari Situs Gunung Padang

Situs Batu Panjang, Lokasinya di Perbatasan Majalengka - Ciamis, Lebih Tua dari Situs Gunung Padang

Situs Batu Panjang di Blok Jahim perbatasan Kabupaten Majalengka dan Ciamis.-Ida Widyastuti - Tangkapan layar Google Maps-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Ada situs yang lokasinya berada di tapal batas antara Kabupaten Majalengka dan Ciamis. Peninggalan masa prasejarah tersebut diberi nama situs Batu Panjang.

Bahkan situs yang berada di perkebunan pinus tersebut, lebih tua dari pada Situs Gunung Padang yang berada di Kabupaten Cianjur.

Lebih tepatnya, situs ini ditemukan di Blok Jahim, Perhutani KPH Majalengka. Secara administratif masuk di Patok 7, Ciapu, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Ciamis.

Jika yang sering menggunakan jalan alternatif dari Majelengka menuju Ciamis, sangat mengenal Blok Jahim. Di wilayah ini memiki tanjakan yang sangat curam. Namanya tanjakan Jahim.

BACA JUGA:Fakta Menarik Kegunaan Fungsi Viva Air Mawar

Belum ada yang tahu persis, mengapa tanjakan tersebut disebut Jahim. Hanya yang pasti karena tanjakan tersebut berada di Blok Jahim.

Blok Jahim ini lokasinya beradar di perbatasan diantara Kecamatan Cingambul di Kabupaten Majalengka dan Kecamatan Sukamantri di Kabupaten Ciamis.

Situs Batu Panjang tersebut lokasinya berada di dekat jalan alternatif Majalengka - Ciamis. Bahkan papan nama situs itu, juga bisa terbaca bagi para pelintas jalan alternatif itu.

Di jalan itu, selain terjal, berkelok juga banyak tanjakan tajam. Baik yang berada di Kecamatan Sukamantri Ciamis maupun yang ada di Kecamatan Cingambul Majalengka.

BACA JUGA:Ini Dia Kegunaan Fungsi Air Mawar Viva Untuk Makeup

Selain itu, di tanjakan Jahim yang dikelilingi perkebunan pinus tersebut, juga terkenal kabutnya yang sangat pekat. Terutama pada sore hingga malam hari.

Bagi pengguna jalan alternatif sangat berhati-hati. Selain dikelilingi hutan pinus, kabut tebal sangat mengganggu pasangan para pengguna jalan, baik rida dua atau roda empat.

Nah, di tempat itukah ditemukan Situs Batu Panjanng. Situs ini memang belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan belum juga tersentuh oleh penelitian.

Namun demikian, situs ini diperkirakan lebih tua dari Situs Gunung Padang di Cianjur. Hanya butuh penelitian serius untuk mengetahui usia situs Batu Panjang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: