Berikut usia yang di perbolehkan memasang kawat gigi dan penyebab jika tidak ditangani dengan benar

Berikut usia yang di perbolehkan memasang kawat gigi dan penyebab jika tidak ditangani dengan benar

Usia pemasangan kawat gigi -ameera.publika.co.id-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Usia ideal pemasangan kawat gigi untuk anak adalah 12 atau 13 tahun. Syaratnya, kondisi gigi sudah permanen meski mulut dan rahang sang anak masih dalam masa pertumbuhan.

BACA JUGA:Gusi anda bengkak dan berdarah? Yuk kenali penyebabnya

Prosedur pemasangan kawat gigi bertujuan untuk merapikan susunan gigi yang berantakan. Syarat ini justru disalahgunakan oleh sejumlah pihak.

Sejatinya di usia yang masih belia tersebut disarankan untuk melakukan pemasangan kawat gigi. Sebab, peluang perbaikan gigi dinilai lebih efektif jika dilakukan sejak dini ketimbang pada orang dewasa. 

Adapun dampak sembarangan memasang kawat gigi untuk anak dampaknya terjadi jika prosedur dilakukan oleh orang yang tidak berbekal ilmu kedokteran gigi.

BACA JUGA:Gigi anda berlubang?, Berikut beberapa penyebab dan solusinya bagi anda

Berikut adalah dampak yang di timbulkan, jika anda memasang kawat gigi tidak mengikuti prosedur yang benar: 

1. Reaksi Alergi hingga Keracunan Metal

Pasien berpotensi terkena alergi dan keracunan metal. Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada telinga dan gangguan pencernaan seperti diare, mual, muntah, sakit perut, dan sesak napas.

BACA JUGA:Erick Thohir Bakal Meresmikan GGM

2. Radang Gusi

Penyakit radang gusi ditandai dengan keluarnya darah saat menyikat gigi. Pasien juga berisiko mengalami pembengkakan gusi, perubahan warna pada gusi, nyeri saat mengunyah makanan.

Oleh karena itu, prosedur spesialis ortodonti akan membersihkan karang gigi terlebih dulu sebelum pemasangan behel. Jika ini tidak dilakukan, pasien berisiko terkena radang gusi.

BACA JUGA:PKB Optimistis Perolehan Kursi DPRD Kabupaten Naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: