Gusi anda bengkak dan berdarah? Yuk kenali penyebabnya

Gusi anda bengkak dan berdarah? Yuk kenali penyebabnya

Penyebab gusi berdarah -rsnirmalasuri.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Gusi bengkak dan berdarah sebaiknya jangan dianggap remeh. Selain menyebabkan sakit, kondisi tersebut juga dapat menyulitkan kamu untuk makan, bicara, bahkan hanya sekadar membuka mulut. Meski jadi kondisi yang cukup sering dialami, masih banyak orang yang belum memahami penyebab Gusi bengkak dan berdarah. Padahal, salah satu cara efektif untuk mengatasi sekaligus mencegah kondisi tersebut adalah dengan mengetahui penyebab yang mendasarinya.

BACA JUGA:Gigi anda berlubang?, Berikut beberapa penyebab dan solusinya bagi anda

Beragam penyebab gusi bengkak dan berdarah di bawah ini adalah sejumlah penyebab gusi membengkak dan berdarah yang perlu anda ketahui:

1. Kurangnya Nutrisi

Siapa sangka, gusi mudah bengkak nyatanya juga bisa menjadi tanda gejala kurangnya nutrisi di tubuh. Ini karena kekurangan nutrisi dapat membuat sistem imun dan jaringan tubuh melemah. Alhasil, kamu akan lebih mudah mengalami infeksi pada gusi dan mulut, yang pada akhirnya menjadi penyebab gusi bengkak dan berdarah.

Gusi bengkak dan berdarah harus segera diobati. Jika tidak, kondisi tersebut akan semakin parah dan dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di mulut. Khusus untuk kasus kasus gusi berdarah, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berobat ke dokter.

BACA JUGA:Selamat Tinggal Ketombe! 5 Shampo Anti Ketombe Terbaik 2024 untuk Rambut Sehat dan Bersinar

2. Radang Gusi

Kondisi ini mulanya karena penumpukkan plak di gigi. Plak adalah lapisan bening dan lengket di permukaan gigi yang terbentuk dari air liur, sisa-sisa makanan, dan kotoran. Bila dibiarkan menumpuk, plak dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Karang gigi inilah yang dapat mengiritasi gusi sehingga menyebabkan gusi meradang dan berdarah.

BACA JUGA:Apakah Bawang Putih Bisa Menyembuhkan Sakit Gigi? Ini Beberapa Pendapat Menurut Ahli

3. Infeksi Bakteri

Adanya infeksi di lidah maupun di rongga mulut yang disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, parasit, dan berbagai mikroorganisme lainnya juga berpotensi menjadi penyebab gusi bengkak. Tanpa pengobatan yang cepat dan tepat, infeksi dapat menjadi lebih parah hingga menyebabkan gusi berdarah.

BACA JUGA:Ingin Wajah Bersinar? Inilah Tips Memilih Bedak Yang Cocok Untuk Remaja, Harus Diterapkan

4. Gigi Berlubang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: