18 Desa di Majalengka jadi Penyangga Gunung Ciremai, Ada 4 Potensi Wisata, dari Air Terjun hingga Danau

18 Desa di Majalengka jadi Penyangga Gunung Ciremai, Ada 4 Potensi Wisata, dari Air Terjun hingga Danau

Sebanyak 18 desa menjadi penyangga Gunung Ciremai di Kabupaten Majalengka dan memiliki potensi wisata air terjun hingga alam. -Jadesta Kemenparekraf-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Sebagai penyangga Gunung Ciremai, Kabupaten Majalengka memang kalah tenar bila dibandingkan dengan Kuningan. 

Padahal, pemandangan dari sisi barat, yakni dari Majalengka, tak kalah indahnya bila dibandingkan dari sisi timur atau dari Kuningan.

Dari sisi barat, gunung tertinggi di Jawa Barat ini begitu panjang membentang. Sejumlah wilayah dengan beragam potensinya, berada di lereng gunung yang dijuluki “Kaki Langit Tanah Pasundan” ini.

Ada 18 desa yang menjadi penyangga gunung yang memiki keragaman hayati ini. Dari Kecamatan Sindawangi di ujung utara, hingga Cikijing di belahan paling selatan.

BACA JUGA:Bawaslu Belum Terima Laporan Pelanggaran

Karena itu, bukan dari sisi Kuningan saja Gunung Ciremai indah untuk dilihat dan dikunjungi. Dari Majalengka pun, memiliki panorama dan keindahan tersendiri, yang tak kalah menariknya. 

Ada panorama alam, hutan lindung dan air terjun. Juga memiliki danau atau situ hingga wisata pendakian, yang tak kalah menantangnya.

Memang diakui, siapa yang tidak mengenal gunung satu ini. Gunung ini merupakan yang tertinggi di Jawa Bagian Barat. 

Ketinggian gunung yang miliki banyak cerita mistis ini mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sekarang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

BACA JUGA:Menyatu dengan Alam, Ini 5 Rekomendasi Hutan Pinus di Majalengka

Gunung Ciremai berada di perbatasan 3 kabupaten. Di bagian timur ada Kabupaten Kuningan. Di kaki bagian utara ada Kabupaten Cirebon. Sementara Kabupaten Majalengka berada di lereng belahan barat gunung ini.

Dari belahan barat, ternyata memiliki banyak potensi wisata yang layak untuk dikunjungi. Setidaknya ada 4 potensi wisata yang menarik, yakni:

1. Hutan Lindung dan Panorama Alam 

Panorama alam Gunung Ciremai di wilayah Majalengka sangat beragam. Mulai panorama hutan lindung, semak belukar hingga indahnya hamparan ladang pertanian yang memenuhi kaki ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: