1.300 Rumah dan KK, 3.500 Jiwa di Tiga Desa di Kecamatan Kertajati Terendam Banjir

1.300 Rumah dan KK, 3.500 Jiwa di Tiga Desa di Kecamatan Kertajati Terendam Banjir

Hujan deras yang terjadi Minggu 11 Februari 2024 petang hingga malam mengakibatkan musibah banjir di beberapa titik di wilayah kecamatan Kertajati hingga Senin 12 Februari 2024--

"Penanganan tersebut berupa menutup tanggul jebol dengan teknis kedaruratan bencana. Pihaknya bersama BPBD telah melakukan peninjauan di beberapa titik akibat jebolnya tanggul," jelasnya.

 

Dari hasil pantauan di lapangan dititik Desa Kertawinangun ada 50 meter tanggul jebol. Kemudian, ada juga di blok Jagawana Desa Palasah kecamatan Kertajati juga jebol.

 

Pihaknya telah melakukan upaya kedaruratan sementara. Pemkab juga telah melakukan rapat koordinasi dengan OPD terkait untuk melakukan penanganan sementara, hingga antisipasi pencegahan kejadian serupa.

 

"Kami juga sudah melaporkan ke pihak BBWS untuk perbaikan tanggul jebol yang ada di beberapa titik. Kami juga sudah menyiapkan dan menyediakan logistik, hasil koordinasi dengan bulog," bebernya.

 

Ke depan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati karena memasuki Februari ini merupakan puncak musim hujan. Untuk kabupaten Majalengka sendiri berstatus waspada karena potensi cuaca dengan intensitas hujan cukup tinggi bisa berpotensi hingga April mendatang.

 

"Melihat potensi sesuai rilis dari BMKG, hujan di kabupaten Majalengka bisa berpotensi sampai dengan April dan waspada pada daerah titik banjir seperti Kertajati dan Jatitujuh serta wilayah utara lainnya," tukasnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: