1.300 Rumah dan KK, 3.500 Jiwa di Tiga Desa di Kecamatan Kertajati Terendam Banjir

1.300 Rumah dan KK, 3.500 Jiwa di Tiga Desa di Kecamatan Kertajati Terendam Banjir

Hujan deras yang terjadi Minggu 11 Februari 2024 petang hingga malam mengakibatkan musibah banjir di beberapa titik di wilayah kecamatan Kertajati hingga Senin 12 Februari 2024--

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Hujan deras yang terjadi Minggu 11 Februari 2024 petang hingga malam mengakibatkan musibah banjir di beberapa titik di wilayah kecamatan Kertajati. Banjir tersebut menyebabkan akses lalu lintas terputus dan merendam ribuan unit rumah.

 

Pj bupati Majalengka H Dedi Supandi mengungkapkan musibah banjir tersebut terdapat tiga kejadian yang menimpa tiga desa masing-masing desa Palasah, Kertawinangun, dan Pakubeureum di kecamatan Kertajati.

 

Akibat musibah tersebut berdampak kepada 1.300 unit rumah di tiga desa satu kecamatan itu terendam serta 1.300 KK terdampak dan 3.500 jiwa serta 200 hektare terendam banjir.

 

Pj bupati H Dedi yang meninjau lokasi banjir bersama sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Majalengka H Eman Suherman serta OPD terkait menyebutkan jika bencana banjir di tiga desa sejak Minggu malam itu masih berlangsung sampai Senin 12 Februari 2024.

 

"Banjir dipicu akibat jebolnya tanggul di sungai Cipelang di beberapa titik. Selain ribuan unit rumah dan KK, dampak banjir di tiga desa juga mengakibatkan seluas 200 hektare dari total 600 hektare lahan pertanian di tiga desa tersebut juga terendam banjir," kata Pj bupati.

 

Pj bupati Majalengka mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Majalengka telah melakukan langkah penanganan, diantaranya mengirimkan bantuan air bersih untuk ribuan warga yang terdampak.

 

Disamping itu, bagi areal lahan yang terendam banjir, pihaknya juga akan memberikan bantuan bibit tanaman padi. Pemerintah bersama TNI/Polri tengah menyiapkan langkah darurat pada musibah banjir di tiga desa kecamatan Kertajati ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: