TK Kemala Bhayangkari Ajarkan Kesadaran Keselamatan Sejak Dini

TK Kemala Bhayangkari Ajarkan Kesadaran Keselamatan Sejak Dini

DIKMAS LANTAS: Polres Majalengka melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) menggelar kegiatan Dikmas Lantas untuk siswa-siswi TK Kemala Bhayangkari 62 Talaga-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Polres Majalengka melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) menggelar kegiatan Dikmas Lantas untuk siswa-siswi TK Kemala Bhayangkari 62 Talaga. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Polisi Sahabat Anak (Polsanak) yang dilaksanakan di Mapolres Majalengka, Jumat 15 Desember 2023.

Dalam kegiatan ini, anggota Polwan Satlantas Polres Majalengka memberikan imbauan dan edukasi kepada siswa-siswi TK Kemala Bhayangkari 62 Talaga tentang tata cara menyeberang jalan yang aman dan selamat di jalan raya.

"Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat memahami pentingnya keselamatan dan tertib berlalu lintas sejak dini," kata Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Mochammad Ali SH MM.

Dalam kegiatan tersebut, poin utama yang disampaikan yakni apabila berangkat sekolah diantar orangtua menggunakan sepeda motor, para siswa-siswi dihimbau untuk memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI). Jika menggunakan mobil, mereka diminta untuk memakai sabuk pengaman.

BACA JUGA:Panwaslu Sumberjaya Ajak Partisipatif Masyarakat Awasi Pemilu

BACA JUGA:Smart Circle, Menjadi Generasi Unggul dan Berdaya Saing

"Tata cara menggunakan helm yang benar, yaitu harus sampai terdengar suara "KLIK"," jelasnya.
Disamping itu, anggota Satlantas Polres Majalengka juga memperkenalkan beberapa jenis rambu-rambu lalu lintas beserta artinya. Anak-anak diajak untuk memahami pentingnya patuh terhadap rambu-rambu tersebut demi keamanan bersama di jalan raya.

Kegiatan ini juga melibatkan pengenalan beberapa unit kerja di Satlantas, termasuk Unit Turjawali, Unit SIM, Unit Tilang, dan Unit Kamsel. Siswa-siswi diajak untuk lebih mengenal peran dan fungsi dari masing-masing unit tersebut.

Tidak hanya itu, acara ini juga mencakup pengenalan praktik simulator kepada siswa-siswi TK Kemala Bhayangkari 62 Talaga. Dengan pengalaman langsung melalui simulator, diharapkan anak-anak dapat lebih memahami dan menginternalisasi aturan serta tata tertib berlalu lintas.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak tentang tata tertib berlalu lintas. Dengan begitu, diharapkan kesadaran dan keselamatan berlalu lintas dapat menjadi bagian integral dari pembentukan karakter anak-anak," ungkapnya.

BACA JUGA:Pembinaan Berjenjang Yamaha Indonesia, Aldi Satya Mahendra Siap Tampil Semusim Penuh di World Supersport 300

BACA JUGA:Pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2024,Harus Diawasi

Menurut dia tidak hanya memberikan pemahaman tentang keselamatan berlalu lintas, tetapi juga mendekatkan Polri kepada anak-anak sejak usia dini. Ini sejalan dengan semangat Polisi Sahabat Anak yang mengajak anak-anak untuk memandang Polri sebagai sahabat yang siap membantu dan melindungi mereka.

Dengan adanya kegiatan Dikmas Lantas ini, diharapkan dapat terus mendorong kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, serta menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap aturan dan keselamatan di jalan raya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: