Kebutuhan Darah Meningkat, PMI mulai kelabakan

Kebutuhan Darah Meningkat, PMI mulai kelabakan

Stok darah di PMI Majalengka menipis-PAI SUAPRDI-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Kebutuhan ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Majalengka terus mengalami peningkatan, bahkan saat ini menurut Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Majalengka dr Jajang Setiawan stok yang ada di PMI Majalengka semakin tipis.

Oleh karena itu ia mengajak semua kalangan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam donor darah. Jika semua elemen bergerak bersama maka ketersediaan darah di Kabupaten Majalengka akan mampu terpenuhi.

“Saat ini memang kondisi stok ketersediaan darah di PMI kita semakin menipis dan masih butuh banyak stok darah lagi,”ucapnya.

Andai saja semua elemen bergerak dan menyisihkan waktunya untuk melakukan aksi donor darah sebutnya, maka ketersediaan stok darah di Majalengka akan bisa terpenuhi. “ Misalnya saja jika setiap perusahaan yang ada di Majalengka menggelar aksi donor darah, maka sudah bisa dibayangkan bagaimana kebutuhan stok darah di PMI bisa terpenuhi,”ucapnya.

BACA JUGA:Sebenarnya Siapa Penggagas Merk Indomie, Benarkah Diciptakan Liem Sie Liong?

BACA JUGA:Puncak Event bLU cRU Yamaha Sunday Race, Jadi Magnet Perhatian di Mandalika

Selama ini kata dia kebutuhan darah di PMI Majalengka masih disuplai oleh para pendonor yang sudah rutin melakukan aksi, seperti organisasi kepemudaan, unsur pemerintah daerah, TNI/Polri, ormas dan beberapa individu masyarakat lainya.

Saat ditanya apakah PMI Majalengka sempat kekurangan darah dan bagaimana solusi untuk menutupi kebutuhan darah tersebut, Jajang mengakui jika dirinya pernah mengalami hal itu, hingga pihaknya terpaksa harus mendatangkan darah dari luar Majalengka termasuk dari Kabupaten Tangerang Selatan dan daerah lainya di luar Jawa Barat.

“Ya benar kita pernah mengalami hal itu, dan terpaksa harus mengambil darah dari luar Majalengka, dan itu tentunya kami harus mengeluarkan anggaran ekstra “tambahnya.

Lebih lanjut kata dia, bagi para pendonor darah yang sudah melakukan aksinya melebihi 100 kali donor darah (25 tahun red) maka mereka kata dia, akan mendapatkan pin emas dari presiden RI.

Sementara itu Dimas salah seorang pendonor yang rutin melakukan aksi donor darah menambahkan, banyak sekali masyarakat yang belum paham mengenai manfaat donor darah. Selain untuk membantu kesehatan, donor darah tentunya merupakan salah satu kegiatan amaliah yang besar karena bisa dikatakan menyelamatkan nyawa seseorang, terutama yang sakit yang sedang membutuhkan pertolongan darah.

BACA JUGA:Rencana Tampil di Depan Kang Emil, Mobil Rombongan Ditabrak Truk, Nopolnya Tidak Tercatat Jadi Bikin Penasaran

BACA JUGA:Taklukan Lautan Pasir Bromo, Yamaha STSJ Beri Kiat Hadapi Jalur Berpasir

“Padahal jika masyarakat mengetahui bagaimana besarnya manfaat donor, baik bagi kita selaku pendonor maupun bagi orang lain, sepertinya akan banyak warga yang mau dengan sukarela mendonorkan darahnya,”pungkasnya.

Oleh karena itu pihaknya meminta kepada PMI maupun Pemerintah dan elemen masyarakat untuk terus mengkampanyekan dan mensosialisasikan gerakan aksi donor darah di Majalengka, agar lebih masiv lagi. (pai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: