Militer Australia-Filipina Rebut Perairan Laut China Selatan yang Diklaim China

Militer Australia-Filipina Rebut Perairan Laut China Selatan yang Diklaim China

Pasukan militer Australia dan Filipina membentuk barisan dengan pesawat Osprey milik AS mengudara (AFP)--

RADARMAJALENGKA.COM-Pasukan militer Australia dan Filipina menggelar latihan gabungan di dekat titik konflik di perairan Laut China Selatan yang diklaim oleh China.

Dalam latihan gabungan itu, pasukan kedua negara melakukan simulasi merebut kembali pulau yang dikuasai musuh.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr memuji latihan gabungan itu sebagai contoh kerja sama erat yang ‘sangat penting’. Demikian seperti dilansir dari AFP, Jumat (25/8/2023).

China mengerahkan ratusan kapal Penjaga Pantai, Angkatan Laut dan kapal-kapal lainnya untuk berpatroli dan memiliterisasi terumbu karang di Laut China Selatan, yang hampir seluruhnya diklaim oleh Beijing.

China bersikeras mengklaim perairan Laut China Selatan, meskipun ada putusan pengadilan internasional yang menyatakan klaim itu tidak memiliki dasar hukum.

Latihan gabungan itu berlangsung di sebuah pangkalan Angkatan Laut Filipina, yang berjarak sekitar 240 kilometer sebelah timur Scarborough Shoal — area penangkapan ikan yang kaya sumber daya alam yang direbut Beijing dari Manila tahun 2012 setelah pengepungan yang menegangkan.

“Mengingat begitu banyak peristiwa yang membuktikan ketidakstabilan di kawasan, latihan semacam ini, kerja sama strategis yang erat antara negara-negara di kawasan sangatlah penting. Ini menjadi aspek penting soal bagaimana kita mempersiapkan diri dalam menghadapi segala kemungkinan,” ucap Marcos Jr kepada wartawan setempat.

Marcos Jr menyaksikan langsung latihan gabungan itu bersama dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Richard Marles.

Latihan gabungan ini menjadi latihan udara, laut dan darat secara besar-besaran yang pertama digelar oleh Canberra dan Manila. Kedua negara melakukan simulasi merebut kembali sebuah pulau yang dikuasai musuh.

Sekitar 1.200 tentara Australia dan 560 marinir Filipina menyerbu area pantai dalam simulasi tersebut, setelah tiba dengan kendaraan tempur amfibi, dengan parasut, dan dengan pesawat Osprey AS. Dua jet tempur F-35 milik Australia memberikan dukungan udara dari jarak dekat, sedangkan kapal-kapal perang Australia mengamankan perairan sekitarnya.

Latihan gabungan itu digelar setelah kapal Penjaga Pantai China menembakkan meriam air dan memblokir misi pasokan Filipina ke Second Thomas Shoal di perairan Laut China Selatan pada 5 Agustus lalu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: