500 Tahun Misteri Pembunuhan 2 Pangeran Kerajaan Ini Belum Terungkap, Kerangkanya di Menara London

500 Tahun Misteri Pembunuhan 2 Pangeran Kerajaan Ini Belum Terungkap, Kerangkanya di Menara London

Menara London dilihat dari Sungai Thames (Sumber: wikipedia)--

RADARMAJALENGKA.COM--Menara London yang bernama resmi Her Majesty's Royal Palace and Fortress of the Tower of London, adalah puri bersejarah yang terletak di pusat kota London, Inggris di tepi utara Sungai Thames. Puri ini terletak di dalam kawasan London Borough of Tower Hamlets dan terpisah dari ujung timur kota London oleh ruang terbuka yang dikenal sebagai Bukit Menara.

Menara London di Inggris memiliki sejarah yang panjang dan kelam sejak dibangun pada 1078. Menara ini pernah digunakan sebagai tempat penyiksaan tahanan dan tempat hukuman mati.

Menara ini diselimuti dengan beragam cerita misteri dan selalu menarik perhatian banyak orang, tak terkecuali di Tower of London (Menara London), bangunan bersejarah yang berada di jantung kota Inggris.

Selama lebih dari 500 tahun, satu misteri pembunuhan yang belum terpecahkan telah memenuhi pikiran dan imajinasi orang-orang di seluruh dunia.

Pada tanggal 9 April 1483, Raja Edward IV meninggal mendadak. Kedua putranya adalah Edward V (umur 12) dan Richard (umur 9) dari Shrewsbury, Duke of York. Sebelum meninggal, raja menunjuk pelindung untuk putra-putranya, Adipati Gloucester. Orang ini berarti adalah paman dari Richard.

Hal ini pertanda resmi bahwa Adipati Gloucester menjalankan negara sampai keponakannya, Pangeran Edward cukup umur untuk memerintah sendiri.

Tak lama setelah penobatan Edward muda, pamannya Richard berhasil menahan kedua anak laki-laki itu di Menara London, dan pada tanggal 26 Juni 1483, dia secara resmi mengumumkan bahwa tak satu pun dari pangeran itu dapat mewarisi takhta karena Raja Edward IV belum menikah secara sah bersama Elizabeth Woodville.

Sebuah Undang-Undang Parlemen tahun 1483, yang dikenal sebagai Titulus Regius, kemudian menyatakan saudara-saudara itu tidak sah dan memberikan mahkota kepada Richard, Adipati Gloucester yang naik takhta sebagai Raja Richard III dari Inggris, pada Juli 1483.

Jelas, Raja Richard III adalah tersangka yang paling mungkin dan dituduh telah menyiapkan tuduhan. Bagaimanapun, para pangeran di Menara menghilang saat dalam perawatannya. Ketika desas-desus bahwa Raja Richard III telah membunuh mereka menyebar pada akhir 1483, Richard tidak berusaha membuktikan bahwa mereka masih hidup. Sebaliknya, dia tetap diam dan tidak membuka penyelidikan atas hilangnya mereka.

Kendati demikian, menurut beberapa sejarawan, itu belum membuatnya menjadi seorang pembunuh. Namun sekali lagi, tampaknya itu adalah elemen legenda hitam raja yang sengaja dibuat oleh para pendukung dinasti baru.

Lalu apakah Pangeran di Menara dibunuh dan siapa yang melakukannya? Dikatakan bahwa selama musim panas 1483, para pangeran masih hidup dan terlihat bermain bersama di halaman menara. Kemudian, tidak ada yang diketahui tentang mereka dan nasib mereka telah menjadi misteri dan tetap sampai hari ini.

Baik sejarawan modern maupun penulis sejarah kontemporer bertanya-tanya: bagaimana mungkin tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada orang-orang kerajaan yang begitu penting?

Atau mungkin beberapa dari mereka yang terlibat tahu persis apa yang terjadi tetapi mereka dengan keras kepala tetap diam tentang anak laki-laki itu?

Pemberitaan simpang siur, bahkan tidak ada yang tahu apakah para pangeran meninggal atau dibunuh pada tahun 1483.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: